Psikotes Deret Angka

Sesuai dengan janji gue, gue akan ngebahas soalsoal deret angka yang gue comot dari buku Super Psikotes empunya Tim Cerdas Edukasi terbitan Tangga Pustaka yang seharga lima puluh ribu ini (baca sebelumnya: Psikotes). Sebelum memulai. Mari kita berdoa sesuai dengan agama, kepercayaan, dan tokoh power ranger favorit masingmasing.

Berdoa.

Mulai.

..

..

..

..

..

Selesai.

Nah. Sudah siapkah lu melihat angkaangka segini banyak?
Deret ini enggak mengenal rumus deret aritmatika maupun geometri yang sering lu pelajarin di esema. Bahkan matakulia yang pernah gue pelajarin juga ga pernah ada yang bahas deret aneh kayak beginian. Cuman logika yang main dalem otak. Kalo sempet sih, nyontek punya tetangga sebelah. Itupun kalo bisa 😀

Kalo pusing, langsung merem. Kalo ga kuat nahan napas, ambil ember lalu muntah. Kalo takut karena serem kayak ngeliat setan, ambil paku yang ada di kepalanya. Beres? Ayo tarik mang!

Deret Angka.

Tes ini digunakan untuk melihat kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan seseorang dalam mengerjakan sesuatu.

Skor. Jumlah jawaban benar.

  • 1-7 : kurang
  • 8-11: cukup
  • 12-16 : baik
  • 17-20 : sangat baik

Petunjuk.

Soalsoal di bawah ini terdiri dari suatu deret angka yang mempunyai pola tertentu dan belum selesai. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat berdasarkan pola dari deret angka yang sudah ada *sengaja ga gue kasih pilihan jawaban, nulisnya CAPEK

  1. 3              4              7              12           19           28           39           …            …
  2. 3              3              6              18           72           360         …
  3. 1              3              7              15           31           63           …
  4. 9              12           18           27           39           54           72           …
  5. 17           9              27           24           37           39           47           …
  6. 5              3              7              5              9              7              11           …
  7. 64           32           16           8              …
  8. 5              17           10           14           20           11           40           8              …
  9. 3              7              16           35           74           …
  10. 2              3              5              7              10           13           17           21           …
  11. 3              6              6              12           12           24           24           …
  12. 2              3              1              3              5              4              4              7              …
  13. 2              4              …            …            32           64
  14. 72           4              36           8              …            …            9              32
  15. 5              15           10           20           15           25           …            …
  16. 3              6              4              8              6              12           10           …            …
  17. 18           15           12           24           21           …            …            33           30
  18. 40           44           22           26           13           17           …
  19. 16           17           19           22           26           31           30           28           25           21           …
  20. 4              11           5              12           6              13           7              14           …            …

Jawabannya adalah,

  1. 3              4              7              12           19           28           39           …            … 
  2. 3              3              6              18           72           360         … 
  3. 1              3              7              15           31           63           … 
  4. 9              12           18           27           39           54           72           … 
  5. 17           9              27           24           37           39           47           … 
  6. 5              3              7              5              9              7              11           … 
  7. 64           32           16           8              … 
  8. 5              17           10           14           20           11           40           8              … 
  9. 3              7              16           35           74           … 
  10. 2              3              5              7              10           13           17           21           … 

Sisanya?

Gue lanjutin besok ya. Mau muntah dulu, kebanyakan liat angka *huek

Setelah menunggu ayam berkokok, aldilalala muncul kembali dari peradaban membawa secercah jawaban.

  • 3              6              6              12           12           24           24           … 
  • 2              3              1              3              5              4              4              7              … 
  • 2              4              …            …            32           64 
  • 72           4              36           8              …            …            9              32 
  • 5              15           10           20           15           25           …            … 
  • 3              6              4              8              6              12           10           …            … 
  • 18           15           12           24           21           …            …            33           30 
  • 40           44           22           26           13           17           … 
  • 16           17           19           22           26           31           30           28           25           21           … 
  • 4              11           5              12           6              13           7              14           …            … 

Bagaimana pemirsa sekalian? Mudah bukan? Mudah puyeng dan muntah seketika :O Tak ada gading yang tak retak, tak ada orang pinter yang ga pernah belajar. Makadari itu sesulit apapun deret angka akan terasa lebih mudah jika dipelajari dan dilatih terusmenerus.

Tetap semangat walaupun IQ tetep berada di dengkul. Salam suplir 😉 cupcupmuah

Iklan

53 thoughts on “Psikotes Deret Angka

    • aldilalala berkata:

      SELAMAAATTT .. anda berhasil jadi korektor handal 😀
      Terimakasih atas koreksinya. Tak kasih sun ya :-* cupcupcupmuah

      • kutu baik hati berkata:

        no 1 bener kok, kan bilangan prima. 15 bukan bilangan prima, langsung ke 17. gw jg salah kok, lupa sm bilangan prima.

      • bryan berkata:

        emm untuk saudara kutu itu kan bener 15 bukan lgsg ke 17.. penambahan 2.. bukan berdasarkan dari bilangan prima.. sebab ada angka 9nya di sana.. dan 9 bukanlah bilangan prima.. dari mana bener? lupa sama bilangan prima? terus inget? dan ternyata salah juga ingetnya? hais…

    • aldilalala berkata:

      1 -> 3 = +2
      3 -> 4 = +1
      4 -> 7 = +3
      7 -> 11 = +4
      11 -> 18 = +7
      18 -> 29 = +11
      Udah keliatan kan polanya? (lihat angkaangka di samping kanan tanda samadengan)
      2 + 1 = 3
      1 + 3 = 4
      3 + 4 = 7
      4 + 7 = 11
      Nah, selanjutnya 7 + 11 = 18
      Jadi 29 + 18 = 47 🙂

  1. Rizaldyilham berkata:

    1,2,9,3,4,5,6,9

    ada dua angka sebelum angka sembilan
    kemudian, ada empat angka setelah angka sembilan yang berurutan dengan 2 angka sebelumnya
    jadi, jawabannya adalah (4×2) 8 bilangan setelah angka 6 yaitu 7,8,9,10,11,12,13,14,9
    atau 7

  2. Rizaldyilham berkata:

    2,3,5,4,7,10,8,12

    (1)pertama lihat angka dua (paling pertama), kemudian lihat “dua” angka setelahnya yaitu 4 (2×2) kemudian lihat duang angka setelahnya lagi, adalah 8 (4×2)

    (2)Kedua, lihat angka setelah angka dua yang pertama (3).Lihat “dua” angka setelahnya yaitu 7 (3+4) lalu lihat dua angka setelahnya lagi, adalah angka 12 (7+5). Artinya, ditambah satu saja angka yang menambah sebelumnya yaitu 4, lalu 5

    (3)ketiga, lihat angka ketiga yaitu 5, lihat “dua” angka setelahnya yaitu 10 (5×2). berarti?

    dua angka setelahnya adalah 10×2 = 20

    kenapa dikali? bila ditambah lima pun hasilnya tetap sepuluh (5+5=10). kuncinya adalah di POLA, ingat bahwa untuk memecahkan masalah kadang kita harus mengubah sundut pandang dalam menyikapinya.

    pada (1) dikali 2, saat (2), di tambah secara signifikan, yang (3) pasti dikali.

  3. Rossabela berkata:

    maaf aku mau tanya jawaban nomer 1, yg trakhir knpa tidak ditambah 15, bukannya ditambah 2 2 dari setiap masing masingnya? kenapa jadi 17 yah ka? mohon dijelaskan trimakasih.

  4. wahyu berkata:

    Mas sy mau tanya klw soalnya ky gini gmana . 32 -36-29-48-55-43-21-20…
    Jelasin donk soalnya sy pernah tes masuk kerja. Terkadang dlm satu soal ada yg kombinasi antara di x / + –

  5. febrisky berkata:

    permisi mas kalau ini jawabnya gmana yah? 2,… ,4,… ,8, 54,…, 162,…, 486 plis dibalas yah. thank you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s