Psikotes Hafalan Kata

Pada psikotes hafalan kata, biasanya sih terdapat di bagian paling terakhir dari tes buku psikotes –sebelum tes wartegg jelasnya, kita disuruh mengingat kata dari jenisjenis berbeda seperti ini. Waktu yang dibutuhkan untuk mengingat cuman lima menit, agak lama sih bagi yang sudah berpengalaman 😀
Berpengalaman maksudnya terlalu sering ikut psikotes tapi ga pernah dapet kerjaan 😀
Coba ingetinget deh katakata dibawah ini,

BUNGA : Dahlia, Flamboyan, Laret, Soka, Yasmin
PERKAKAS : Cangkul, Jarum, Kikir, Palu, Wajan
BURUNG : Elang, Itik, Tekukur, Nuri, Walet
KESENIAN : Arca, Gamelan, Opera, Quintet, Ukiran
BINATANG : Beruang, Harimau, Rusa, Zebra, Musang.

Setelah itu muncul pertanyaan seperti berikut,

1. Kata yang berawalan huruf A termasuk dalam kategori…..
a. Bunga  b. Perkakas  c. Burung  d. Kesenian  e. Binatang

Tinggal pilih salah satu jawaban. Mudah sih tapi kalo udah ga fokus dikit jadi berabe karena waktu yang tersisa semakin sedikit.

Gimana cara paling mudah buat nginget,

  • Nulis kunci jawaban di tangan sebelah kiri
  • Ngitung kancing baju tetangga sebelah
  • Serius! Lu emang harus inget jawabannya!

Kata kuncinya cuman satu yakni ALPHABET. Huruf A sampe Z.

alphabet

  • A = Arca – Kesenian
  • B = Beruang – Binatang
  • C = Cangkul – Perkakas
  • D = Dahlia – Bunga
  • E = Elang – Burung
  • F = Flamboyan – Bunga
  • G = Gamelan – Kesenian
  • H = Harimau – Binatang
  • I = Itik – Burung
  • J = Jarum – Perkakas
  • K = Kikir – Perkakas
  • L = Laret – Bunga
  • M = Musang – Binatang
  • N = Nuri – Burung
  • O = Opera – Kesenian
  • P = Palu – Perkakas
  • Q = Quintet – Kesenian
  • R = Rusa – Binatang
  • S = Soka – Bunga
  • T = Tekukur – Burung
  • U = Ukiran – Kesenian
  • V = Tidak ada dalam daftar
  • W = Wajan, Walet – Perkakas, Burung
  • X = Tidak ada dalam daftar
  • Y = Yasmin – Bunga
  • Z = Zebra – Binatang

See, right?

Jadi ga perlu ngapalin per-jenisnya kayak gini,

  • BUNGA : D, F, L, S, Y
  • PERKAKAS : C, J, K, P, W
  • BURUNG : E, I, T, N, W
  • KESENIAN : A, G, O, Q, U
  • BINATANG : B, H, R, Z, M

Karena ngapalin satu abjad dalam satu jenis bisa bikin ambigu, salah sangka. Jadi kalo solusi mengingat menurut gue sih ya didaftar aja dari alfabetnya, pasti akan terlintas sendiri termasuk jenis apakah abjad tersebut. Gampang kan?

Trus ada yang aneh kan bahwa huruf V dan X ga ada dalam daftar, apalagi huruf W terdapat di dua jenis. Nah itulah yang bikin kita terkecoh. Karena ketiga huruf ini V-W-X ga pernah akan ditanyakan dalam pertanyaan psikotes. Jadi buang aja jauhjauh 😀

Oke. Tunggu episode selanjutnya tentang psikotes sinonim dan lawan kata. Salam suplir 🙂

Iklan

9 thoughts on “Psikotes Hafalan Kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s