Psikotes

Galau skripsi mahasiswa abadi ga ada apaapanya ketimbang galaunya pengangguran, belum wisuda, dan belum punya ijazah. Galaunya jomblo juga ga ada apaapanya ketimbang galaunya pengangguran yang selalu ditanyain, “Udah kerja dimana sekarang?”, apalagi yang jomblo sekaligus pengangguran. Ngenes deh lu! Mau mati bunuh diri juga mikirmikir, karena udah abis duit banyak untuk nyetak skripsi hardcover, udah belabelain ga makan demi nungguin dosen keluar dari kamar mandi demi satu tandatangan. Onlen aja deh jadinya. Cari lowongan kerja, nyambi fesbukan, retweet, dan ngeblog. Tapi banyak retweetnya ketimbang cari lowongannya. Hahaha.

Tiga bulan menjadi pengangguran ngebuat gue banyak pengalaman cari kerjaan. Sori men gue emang ga menghasilkan duit tapi gue pilihpilih kerjaan yang nyaman buat gue, ga seenaknya masukin lamaran sanasini tapi ujungujungnya cuman jadi batu loncatan. Sudah tujuh kali (dalam tiga bulan ini gue menjalani tes kerja. Tapi sampe detik ini juga belum ada yang nyantol. Hadeeeh. Gue sering lupa bawa hanger dan penjepit jemuran:/

Rekor kegagalan tujuh kali itu serta merta bukan karena gue terlalu bodoh, tapi karena gue TERLALU AUTIS. Liat aja deh list kegagalan gue berikut ini:

1.       BCA Program BDP

Gue gagal di tes dinamika kelompok. Karena gue terlalu autis, membicarakan jokowi di tengah krisis perekonomian :O

2.       Astra Finance

Gue gagal di tes hrd. Karena gue terlalu autis, make kaos kaki aneh ketika interview.

PT Sugar Group Company

Gue ga tau gue gagal di tahap sebelah mana. Karena gue terlalu autis untuk menolak hadir, bertepatan dengan prosesi yudisium bro😉

3.       BTPN Program Wisma

Gue juga ga tau gue gagalnya di tahap sebelah mana. Karenague terlalu autis,  ketika akan interview gue memutuskan untuk kabur karena visi misi perusahaan ga sesuai ama jiwa gue *ceile

4.       PT Harita Panca Utama

Gue gagal di tahap akhir, tes kesehatan. Emaneman bro. Nyesek juga rasanya ketika dinyatakan sakitsakitan. Karena gue terlalu autis, gue tau kalo idung gue bengek –kena kentut sedikit langsung gebres, lah kok gue nekat kerja di tambang batubara yang notabene udaranya penuh dengan debu.

PT Samsung Electronics

Gue ga tau gue gagal di tahap mana. Karena gue terlalu autis, tesnya bertepatan dengan tes nomer empat, jadi gue ga ikutan tes kerja ini.

5.       PT Surabaya Autocomp Indonesia

Gue gagalnya di tahap awal, tes kepribadian. Gue terlalu autis, gue sendiri bingung gue punya kepribadian ganda. Malahan gue ga tau kalo gue punya kepribadian o.O

6.       PT Best Agro International

Gue ga tau gue gagalnya di sebelah mana. Ketika akan tes interview gue milih pulang, karena gue terlalu autis, gue ga siap berangkat ke kalimantan naek kapal laut. Ajegile.

7.       BFI Finance Indonesia

Gue gagalnya di tes interview hrd. Karena gue terlalu autis, gue ga bisa nyetir mobil. Yang dibutuhin tuh lakilaki yang bisa nyupir.

Putus asa?

Oh tidaaak. Masih banyak lowonganlowongan kerja yang udah gue tebar kemanamana. Layaknya menangkap ikan, lu kudu menyebar jala kemanamana. Eits. Tapi inget, layaknya menangkap ikan, jala yang lu pake harus kuat biar ga jebol *******kasih tujuh bintang ama ungkapan yang dibuat sendiri

Dari tujuh kegagalan diatas, gue ga pernah gagal di psikotes. Well. Selain cantik, gue juga pinter, hanya saja kepribadian gue ga baik untuk dijadikan pimpinan😀 Jadi maklum aja lah kalo gue selalu lolos psikotes. Rahasianya? Mau tau?

Beli buku psikotes. Gue sekali aja beli buku tentang soalsoal psikotes, untungnya gue selalu lolos. Jadi gue ga rugi beli buku seharga 50.000 ini. Review sedikit aja dari buku ini ..

Tes psikotes di dalam buku ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan tes DaT (Differential Apptitude Tes) yang dikembangkan pada tahun 1947. Testes yang diujikan pada saat itu sebagai berikut.

  • Penalaran verbal
  • Kemampuan angka
  • Penalaran abstrak
  • Kecepatan dan ketelitian klerikal
  • Penalaran mekanika
  • Relasi ruang
  • Pemakaian bahasa

Nah. Di dalem buku Super Psikotes ini dikasih tau soalsoal plus jawaban dari beberapa kategori:

  • Pengetahuan umum
  • Antonim
  • Tes analogi
  • Deret angka
  • Angka berkolom
  • Logika matematika
  • Tes gambar

Tips bagaimana menggambar abstrak dalam psikotes wartegg, ada disini -> KLIK. Tips mengerjakan tes koran/ pauli-kreapelin, bisa dilihat disini -> KLIK. Sebelumnya malah, sebelum lu ikut tes lu harus bisa ngebuat CV yang baik dan benar. Tips membuat CV yang baik dan benar udah pernah gue posting sebelumnya, cek di Lamaran Pekerjaan.

Sekedar saran aja, kalo lu mau tes psikotes, halhal yang harus lu lakuin adalah:

  • Beli buku psikotes, dua minggu sebelumnya. Belilah yang pas di hati dan pas di kantong. Kalo ga punya uang, nyolong, eh, minjem buku dari perpus ato maling, eh, temen.
  • Belajar dari buku psikotes, seminggu sebelumnya. Karena banyak angkaangkanya. Lu harus terbiasa dengan itu. Kalo bisa pas sms ngetik A jadi 4 dan J jadi 7, demi meresapi ilmu psikotes yang lu pelajari.
  • Tidur yang lama sehari –bahkan dua hari sebelum tes dimulai. Demi kesehatan hati, tubuh, dan pikiran, terutama MATA, JARI, dan OTAK. Karena tiga organ itulah yang paling penting ketika tes berlangsung. Ga peduli kalo lu ternyata ga punya lubang idung ataupun punya kaki lima biji.
  • Sarapan yang cukup, dua jam sebelumnya. Jangan makan kacang nanti sering kentut pas tes. Jangan makan pete nanti nafas bau naga pas kenalan ama cewek yang ikut tes juga. Jangan makan hamburger karena kemahalan.

Beda lagi kalo lu berada pada jam psikotes, halhal yang perlu lu lakuin adalah:

  • Nurut. Nurut aja deh sama panitia. Disuruh buka buku ya dibuka, disuruh balik kertas ya dibalik, disuruh berenti nulis ya berenti, disuruh pipis di celana ya pipis aja.
  • Tepat waktu. Lu harus ngerjain secepetcepetnya dengan hasil yang sebaikbaiknya. Jangan pernah ngisi pakpaktung alias nawur ke dalam soal yang belum bisa kamu jawab. Akibatnya fatal men, lu terlihat seperti orang yang cobacoba. Hidup kok cobacoba. Iya kalo bener, kalo salah? Nilai kesalahan lu bakal lebih tinggi.
  • Jangan nyontek. Selain ga ada waktu buat liat kanan-kiri-atas-bawah, nyontek pas psikotes itu sama artinya lu ngejiplak IQ orang lain. Apa lu ga pengen tau IQ lu nyampe apa enggak, bisa lolos apa enggak? Iya kalo yang ada di sebelah lu itu punya IQ tinggi. Kalo punya IQ sedengkul? Ah. Jangan pernah gantungin masa depan pada jawaban orang lain. Kalo lu gagal, lu bakal pulang membawa kegagalan sendiri. Kalo lu sukses, lu bakal pulang dengan membawa brownies tanda lulus keterima kerja😀

Nah. Sebagai matematikus, gue pengen bagibagi ilmu bagaimana mengerjakan soal psikotes yang berhubungan dengan angka secara cermat dan tepat. Gue akan bagi ke dalam tiga bagian yaitu deret angka, angka berkolom, dan logika matematika. Tunggu tips selanjutnya. Salam suplir. Cupcupmuah😉

13 thoughts on “Psikotes

  1. arbro berkata:

    wah bro test di jpc ub juga ya, tes ist sih gampang bro

    dilist perusahaan di atas kayaknya kita pernah tes bareng nih

    ane paling males kraplen pauli

      • arbro berkata:

        ga pernah ketemu, sya buru2 pulang, udah pernah lolos sampai medcheck dan tinggal brangkat, tapi males hehehe itu autis ga ya?

        Gue katakan anti, setelah ditolak bank mandiri
        gimana jobfair ub seru ga?

        Bukan autis gan, tapi unik

      • aldilalala berkata:

        Bener bang. Kalo yang duludulu targetnya udah tinggi dan ternyata ditolak, ngelamar pekerjaan kedua jadi ga sreg. Wahwah autis banget itu bang, kok tega nolaknolak kerja, udah kaya sih. Hihihi. Aku ga ikutan jobfair bang, alhamdulillah udah keterima kerja disini. Udah sebulan lebih sepuluh hari, hahaha😀

  2. Galih berkata:

    keren banget ini isinya,menjadikan yang lolos psikotes jadi bener belajar walaupun ada jawabpannya setidaknya bermanfaat.sukses selalu,kebaikan yang buat ini akan di balas sama TUHAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s