Psikotes Logika Matematika Episode 1-5

Jawaban psikotes khusus soal matematika, akan gue jabarkan dalam bagian ini. Sumpah! Capek banget nulis soalnya apalagi nulis jawabannya. Demi keselamatan kita bersama, untuk menghindari banyaknya muntahan yang tercipta garagara baca blog gue. Gue akan membagi duapuluhlima soal (yang sesungguhnya) ke dalam lima bagian. Jadi tiap posting gue akan nampilin lima soal saja. Hehehe. Beres kan. Gue ga perlu repotrepot ngepel muntahan lu yang berserakan dimanamana.

Oke. Sebelumnya udah baca Psikotes dan Psikotes Deret Angka? Karena psikotes yang satu ini membutuhkan tenaga yang lebih untuk menguras otak. Dianjurkan sarapan terlebih dahulu serta mandi dan masuk wc. Sangat dipastikan karena setelah mengerjakan soalsoal ini badan lu akan terasa lamah-letih-lesu-lunglai-LETOY kebanyakan liat angka yang diperumpamain, dengan keringat yang membanjir bandang membuat ketek lu tenggelam dalam kenistaan, perut otomatis penuh karena semua aliran darah-udara-air tertahan disana. Jadi persiapkan diri lu secara matang. Cekidot guys.

Logika Matematika. Episode 1 dari 5 Episode.

Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.

Skor. Jawaban benar.

  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik

Petunjuk.

Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.

  1. Ali adalah kakak Hasan, 4 tahun lebih tua. Sinta adalah kakak Ali dan berbeda 3 tahun. Berapakah usia Sinta, jika saat ini Hasan baru saja merayakan ulangtahun yang ke-21?
  2. Sebuah pesawat terbang dapat menempuh jarah 10 km dalam tempo 40 detik. Manakah yang bukan kecepatan pesawat terbang tersebut? 450 km/jam, 15 km/menit, ¼ km/detik, 900 km/jam, 250 m/detik.
  3. Dari bilangan di bawah ini, yang dapat habis dibagi 4 adalah … 94, 38, 26, 102, 74, 30, 54, 42, dan 356.
  4. Perhatikan sedert bilangan berikut. 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, dan 14. Dari bilangan di atas, yang tidak dapat dibagi 4 adalah, kecuali …
  5. Seorang pedagang menjual jambu dengan harga Rp 15.000/kg. Di dalam tokonya terdapat 6 dus dan di setiap dus berisi 5 kg jambu. Dua bekas tempat jambu itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut?

Sudah?

Tarik nafas. Hembuskan. Tarik nafas dari idung. Keluarkan lewat pantat.

Jawabannya adalah, (klik gambarnya biar jelas)

 

Terlalu mudah ya😉 Ini baru permulaan. HAHAHAHA *ketawa setan* Gue kasih pe’er nih,

6. Pak Andri mempunyai uang Rp 2.700.000 dan berniat untuk membeli TV. Harga TV tersebut sebelum didiskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Andri juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Andri saat ini?

Akan gue bahas di episode selanjutnya. Selamat berlatih, selamat puyeng bersama. Salam matematikus ^^b *IT’S MAGIC!

94 thoughts on “Psikotes Logika Matematika Episode 1-5

    • virgo berkata:

      Jumlah uang=2.700.000
      pengeluaran= -35%<2.400.000
      -230.000
      sisa = 35% * 2.400.000=840.000
      =2.400.000-840.000=1.560.000
      = 2.700.000 -1.560.000-230.000
      = 1.140.000-230.000=Rp.910.000,-
      yg lengkap dong !!!

  1. stew berkata:

    nih bos kalau mau psikotes….

    martin ingin sekali punya mobil. akhirnya dia memutuskan meminjam uang senilai 50jt dari donal dan 50jt dari arya. total uang yang di pinjam adalah 100jt. akhirnya martin membeli mobil seharga 97jt. maka jumlah sisa uang tersebut 3jt. akhirnya si martin memutuskan mengembalikan uang 1jt kepada donal dan 1 jt lagi kepada arya untuk mengurangi beban hutangnya. dan 1 juta lagi di pakai martin untuk keperluan pribadi….

    pertanyaannya 50jt – 1jt = 49jt hutang ke donal dan 49jt hutang ke arya….

    49+49= 98 + 1jt dana saya pakai pribadi= 99jt
    kemana 1 jt lagi??

  2. afa berkata:

    jawaban no 5 sepertinya kurang tepat yang dimaksd soalnya hanya 2 dari tempat buah masih dapat dijual. Artimya cuma dua dus saja yang masih dapat dijual. sehingga =(2 x 2000)+(30 x 15,000) = 454,000

  3. alfian berkata:

    .saya punya prtnyaan mohon d jawab.
    Di dlm ember ada air 1/3,stlah di tmbah 3 liter ember berisi air itu mnjadi 1/2,prtnyaan a berapakah liter air supaya ember itu penuh

    • Luluk Pratiwi berkata:

      Coba dijawab nih ya..
      Anggaplah “ember” itu “a” (Soalnya kalo x mirip sama perkalian😄 )
      Jadi hitungannya => 1/3a + 3liter = 1/2a.
      3 liter = 1/2a-1/3a (masih inget kan soal hitungan distributif?)
      lalu pecahan 1/2 dan 1/3 disamakan menjadi 1/6. Jadi 1/2 = 3/6 . Dam 1/3 = 2/6
      Jadi 3 liter = 3/6a – 2/6a
      3 liter = 1/6a bisa dibilang 1/6 dari ember itu adalah 3liter.
      Jadiiiiiii, 1 ember = 6×3 = 18 Liter.

  4. ogieurvil berkata:

    Gwakakak.. seru neh, sempet orat oret penasaran sama yang nomer satu, Alhamdulillah bener jawabannya.. Begitu nyoba nomer dua, langsung muntah !!.. Gyaha.. Nyerah dahh.. hihi..

  5. Hendry berkata:

    Untuk membantu meluruskan soal no.5 adl terjadi kesalahan pengetikan. Mnrt saya yg ketikan yang benar adalah “dus bekas jambu tersebut masih dapat dijual kembali…” karena itu dikalikan 6×2000. Semoga membantu.

  6. FARAH HUSNA AMALIA berkata:

    CANTIKA MEMPUNYAI 18 BUNGA MAWAR, 24 ANGGREK DAN 36 MELATI. BUNGa TERSEBUT AKAN DI TARUH DALAM VAS DENGAN JUMLAH SAMA BANYAK. BERAPA BANYAK VAS BUNGA YANG DI PERLUKAN ?
    BALAS YA AQU LG BUTUH JAWABAN

    • christina irenne berkata:

      Sisa uangnya 2.470.000 , karna uangnya terpakai buat beli keperluannya , kan tv-nya masih belum di beli kan masih berniat

  7. wahid berkata:

    no 1 smp 4 + 6 bisa, keliru di no 5
    tp pertanyaanya di atas ditulis DUA BEKAS TEMPAT JAMBU masi bs di jual 2000
    kalo logika saya yg namanya DUA BEKAS TEMPAT JAMBU itu ya 2 kardus(bekas tempat)
    jadi 6 : 2 = 3 ….. 3 x 2000 = 6000
    trs di + harga jambu 450000 jadi total 456000

    itu menurut saya lho mba
    maaf kalo logika saya salah

  8. achbarnbs berkata:

    Semuanya salah deh.
    Yg bner ntu?
    Kan yg trjual hbis hanya 2 dus.
    1 dus brisi 5 kg.
    Jika 2 dus yg trjual jdi jambu yg laku hnya 10 kg ditambah dgn 2 dus bekas yg dijual.
    Jika dikalikan 10×15000:150000 tambah
    2 dus:4000
    150000+4000:154000 donggggg
    Kan yg laku hnya 2 dus saja

  9. Ping-balik: electric
  10. galuh candra berkata:

    ————-achbarnbs
    Januari 29, 2015 pukul 12:57 pm

    Semuanya salah deh.
    Yg bner ntu?
    Kan yg trjual hbis hanya 2 dus.
    1 dus brisi 5 kg.
    Jika 2 dus yg trjual jdi jambu yg laku hnya 10 kg ditambah dgn 2 dus bekas yg dijual.
    Jika dikalikan 10×15000:150000 tambah
    2 dus:4000
    150000+4000:154000 donggggg
    Kan yg laku hnya 2 dus saja————

    itu yg benar.. jika membaca soal seperti diatas..
    Seorang pedagang menjual jambu dengan harga Rp 15.000/kg. Di dalam tokonya terdapat 6 dus dan di setiap dus berisi 5 kg jambu. ((Dua bekas tempat jambu)) itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut?

    logikanya 2 bekas tempat jambu.. berarti hanya 2 dus yg terjual..

    jika soal salah ketik maka jawaban admin benar..
    Seorang pedagang menjual jambu dengan harga Rp 15.000/kg. Di dalam tokonya terdapat 6 dus dan di setiap dus berisi 5 kg jambu. {{DuS bekas tempat jambu}} itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut?

    hayo mana yang benar ini… soalnya salah ato jawabannya yang salah..

  11. Ken Tanaka berkata:

    Haduh.. haduh… apa sih ini..!!!??? TOLONG!!! Jadilah orang yg berkualitas! DASAR! KALIAN SEMUA GOBLOKKK!!!!

  12. pinky girl ... berkata:

    kk pada tau gx jawaban soal ini :
    * di ketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat positif . Bilangan A dan B sama sama terdiri dari 4 angka .Bagaimana langkah mu untuk menentukan bilangan yang lebih besar ? jelaskan !

  13. Restu Net Batam berkata:

    untuk soal nomor 6…
    uang pak andri = 2.700.000
    beli TV dengan harga 1.560.000
    perhitungannya = 35% x 2.400.000 = 1.560.000
    pngeluaran lain= 230.000
    total pengeluaran = 1.560.000+230.000= 1.790.000
    saisa uang pak andri = 2.700.000-1.790.000= 910.000

  14. arya berkata:

    uang pak andi 2.700.000
    harga tvsebelum diskon 2.400.000
    harga diskon 35%
    keperluan rumah tangga 230.000
    sisa uang pak andi…?

    potongan harga/diskon 2.400.000×35/100 = 840.000
    jadi harga tv = 2.400.000-840.000 = 1.560.000
    keperluan rumah tangga pak andi 230.000

    jadi uang sisa pak andi = 2.700.000 – 1.560.000 – 230.000 = 910.000

  15. Rahmat berkata:

    pak andi punya uang 2.700.000, tetapi baru BERNIAT beli TV seharga 2.400.000 dgn diskon bla bla bla,dan dia juga ada keperluan belanja keluarga 230.000,,berapa sisa uang pak andi SAAT INI..jawab karena pak andi SAAT INI masih HANYA BERNIAT dan masih dalam tahap estimasi saja..berarti uangnya masih tetap 2.700.000

  16. dzhennet berkata:

    mba mba… itu soal yg no.5 ko sy gagal paham ya… *nyengir ah
    kn yg disebutkan “Dua bekas tempat jambu” brrt kn hrsnya 2.000 x 2 bukan dikali 6
    lontong penjelasannya yak…

  17. nazar1993 berkata:

    uang pak andri = 2.700.000
    beli TV dengan harga 1.560.000
    perhitungannya = 35% x 2.400.000 = 1.560.000
    pngeluaran lain= 230.000
    total pengeluaran = 1.560.000+230.000= 1.790.000
    saisa uang pak andri = 2.700.000-1.790.000= 910.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s