Prompt #110 – Liburan Bersama Ayah

Matahari bersinar tepat di atas kepala. Ubun-ubun terasa mendidih dan peluh membasahi wajah Ayah yang tengah mengais-ais tong sampah, mencari makanan sisa untuk kami berdua.

Aku berjalan mendekati Ayah.

“Kau lapar?”, tanya Ayah.

“Tidak”, aku menggeleng. “Ini sudah tanggal delapan, Ayah”, ucapku sambil menatapi kaki sendiri.

“Lalu?”, Ayah bertanya balik.

“Tidakkah Ayah ingat janji yang Ayah ucapkan setahun yang lalu?”.

Mata Ayah menatap ke satu tempat, pikirannya tidak disini.

“Ayah berjanji mengajakku pergi ke rumah I-ibu”, ucapku kelu.

Ayah balik menatapku, “Apakah kau benar-benar ingin tahu rumah Ibu?”.

Aku mengangguk senang, “Kata Ayah rumah Ibu di surga. Aku ingin tahu seperti apa surga itu. Apakah permintaanku terlalu berat untuk Ayah?”.

“Tidak”, Ayah tersenyum, “Permintaanmu adalah kewajiban. Untuk melunasi janji yang Ayah ucapkan sendiri”.

Ayah menggendongku di pundaknya. Kami berjalan menuju utara selama tiga kali tenggelamnya matahari. Di sebuah senja yang indah, di depan kami tepat berdiri sebuah rumah kecil di tengah taman mawar berbunga. Apakah ini yang disebut surga? Membayangkannya pun aku tak pernah.

Ayah mengajakku menyelinap diantara pagar kecilnya, ia menyuruhku berdiri di pundaknya.

“Naiklah ke jendela”, ucapnya. “Perempuan di sudut, berparas ayu bagai bidadari, dialah Ibumu”.

Aku melihatnya memakai gaun putih persis seperti pengantin dengan hiasan kepala. Cantik sekali.

“Bolehkah aku masuk untuk menyapanya?”, pintaku.

“Jangan lama-lama dan keluarlah secepatnya”, kata Ayah.

Begitu aku masuk ke dalam rumah mungil itu, ku letakkan ikatan bunga mawar diatas nisannya.

“Hai Ibu. Apakah Ibu bahagia?”.

Ibu tersenyum.

Ku kecup punggung tangan kanannya seraya mengucapkan selamat tinggal.

“Setahun lagi aku akan kembali kesini, aku janji”.

Ibu tetap tersenyum di atas nisannya yang terbuat dari platina kuning bertuliskan Macaca Fascicularis, Heaven, Museum Satwa.

–*

Tulisan ini dibuat untuk Prompt Monday Flash Fiction

2 thoughts on “Prompt #110 – Liburan Bersama Ayah

Tinggalkan Balasan

