Apa sih tujuan selingkuh?

Kemarin sore adalah sore paling menggemparkan seantero jagat raya. Gue dan salah satu rekan kerja, sebut saja namanya Lukman *huweeei nama asli ini mah Buat apa juga gue tutuptutupin namanya, dia bukan orang penting juga *asyeeem Oke, kami berdebat soal perselingkuhan.

selingkuh-lagi

Mendadak heboh karena debat ini dilakukan oleh dua orang saja dan lima orang lainnya ikut mendengarkan, sama sekali tidak berbicara. Ada kepala bagian yang ikut mendengarkan di pojok ruangan. Ada yang purapura tidur tapi sangat menyimak. Ada yang sengaja pasang hape untuk merekam pembicaraan ini. Ada yang memandangi muka gue seakanakan ingin bilang ailopyu. Oke, yang terakhir memang fiktif.

Isu perselingkuhan memang marak terjadi di dunia fana ini bung. Dan gue sebagai cewek cuma pengen tau, kenapa sih cowok selingkuh? Apa sebabnya? Apa dampaknya? Dan apa hukumannya?

Lukman ini punya satu istri, satu anak, dan satu selingkuhan. Selingkuhannya ini masih esema dan satu sekolahan sama si Jana. Bangsat banget kan?!

Yang bangsat cowoknya apa ceweknya?

Menurut penelitian di dunia, internet, buku, bahkan ilmu sesat sekalipun menyatakan bahwa alasan utama cowok selingkuh adalah KENYAMANAN.

Oke. Cowok pernah nyaman sama istrinya pas pacaran dulu. Dulu sekali. Karena bosan, atau tak lagi bergairah, kurang perhatian, mereka ga menemukan kenyamanan di rumah. Di luar mereka menemukan cewek baru yang cantik, perhatian, hot, masih rapet *apanya? .. Hati dan perasannya laaah, lu kira apa? Dasar mesum! Lalu sangat mengangumi, bangga, maka cowok merasa KEMBALI JANTAN. Inilah faktor utama penyebab terjadinya main hati.

Alasan kedua yang paling populer adalah TANTANGAN. Cowok dilahirkan sebagai seekor pemangsa. Dalam rantai makanan, dia jadi yang nomer satu. Mangsamangsa kecil sampe besar pun ia terkam, karena ia punya rasa penasaran, merasa tertantang bagaimana menaklukan hati gadis-gadis. Saking profesionalnya mereka, sekali kedip ga hanya cewek, nyamuk dan lalat pun masuk ke dalam perangkap mereka.

Kalo udah punya selingkuhan, lalu apa?

Tujuannya adalah sebagai pengalih situasi. Ketika lagi marahan sama istri, anak rewel, banyak hutang, kerjaan di kantor numpuk ga jelas, sampe kena kutu airpun ratarata para cowok ini akan mengalihkan masalahnya dengan selingkuh, cari kebahagiaan dan pelampiasan.

Ga adil memang. Tapi kalo cowok normal yang gentle, pasti akan menyelesaikan masalahnya dengan cara baikbaik, bukan membiarkan masalah itu tetap ada dan pergi bersenangsenang. Kebahagiaan sesaat.

Senakalnakalnya cowok selingkuh, pasti akan pulang ke rumah juga. Rumah adalah tempat terakhir yang tak pernah menjadi yang utama di dalam benak para peselingkuh.

Nah, kalo kenyataannya mereka pulang, lalu untuk apa membahas masalah ini?

Dampaknya besar bung. Mungkin emang ga terlihat di awal. Hanya ada kebahagiaan dan kesenangan. Sensasi dan tantangannya begitu mengejutkan.

Percaya hukum karma? Tuhan pasti punya cara untuk menghukum, membalas perbuatan kita. Pembalasan datang di hari akhir. Hari akhir? Kiamat?

Akhir dari kehidupan. Akhir dari tahun. Akhir dari bulan. Akhir dari hari. Akhir dari jam. Akhir dari menit. Akhir dari detik. Hanya Tuhan yang tau, hari akhir manakah yang tepat buat lu.

Lukman berbicara seakanakan ia hidup bahagia, nyaman, hangat dengan istri dan anaknya. Lalu kenapa dia masih selingkuh?

Sebut saja Yunus dan Amiri yang gue ketahui sebagai pria yang paling mencintai keluarganya. Selain anak, mereka tak membicarakan hal lain. Like my father.

Seorang ayah tak akan pernah bilang sayang pada anaknya. Tak akan pernah. Karena egonya terlalu tinggi untuk bilang cinta. Di rumah si anak hanya diomeli melulu, ga dikasih uang jajan, tiap kali dapet nilai ulangan jelek pasti dihukum. Tapi taukah elu, di luar sana, di tempat para lakilaki biasa berkumpul. Ayah akan menceritakan anaknya. Betapa bangganya ia kepada anaknya. Tanpa mengucapkan “aku sayang anakku”, gue tau dari sorot mata dan tutur bicaranya, mereka sangatsangatsangat sayang kepada anakanaknya.

Karena tanpa sadar, ketika kita suka terhadap sesuatu maka kita akan lebih sering membicarakannya. Yang bicara emang ga tau, tapi yang tiap hari dengerin juga bosen saking seringnya mereka cerita tentang apa yang menarik perhatiannya saat ini.

Sedangkan Lukman selalu membicarakan tentang cewek, cewek, dan cewek. Enam bulan lalu gue tau kalo selingkuhannya adalah janda beranak satu. Sekarang malah ganti jadi anak esema. Tidakkah terlihat polanya?

SELINGKUH ADALAH KELAINAN MENTAL.

Taukan kalo merokok merusak kesehatan? Kenapa masih aja ngerokok? Taukan kalo selingkuh merusak rumahtangga? Kenapa masih aja selingkuh?

Ngerokok ada batasnya. Ga sampe mati lah.

Selingkuh kan juga ada batasnya. Ga sampe digantung istri lah.

Selalu ada alasan bagi peselingkuh. Itulah sebabnya mereka dinyatakan kelainan mental. Dari mudanya dulu punya banyak pacar sekaligus, ketika tua mereka lantas tidak bisa dengan sertamerta meninggalkan kebiasaan lamanya itu. Apalagi ketika mereka beranggapan bahwa selingkuh itu wajar dan normal. Sahsah saja.

Apa bisa diobati?

Tentu saja BISA.

Orang doyan ngerokok sehari lima bungkus aja bisa sembuh. Kecanduan narkoba aja bisa sembuh. Sakit hati aja bisa sembuh. Kecanduan selingkuh tentu saja bisa sembuh.

Caranya?

Tergantung dari individu masingmasing.

Karakter tiap orang bedabeda. Bisa saja mengalihkan masalah dengan olahraga, makan bakso serombongrombongnya, nonton film, nguras sumur, apapun yang disukai. Yang jadi hobi dan kegemaran.

Kalo hobinya ternyata selingkuh?

T E R S E R A H.

Kita lihat saja nanti sejauh mana ia bertahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s