Seragam

Minggu lalu dan minggu ini menjadi awal, yak, pertama kalinya selama enam-tujuh bulan bekerja disana akhirnya gue punya seragam😀

Senin sampe kamis seragamnya berwarna biru keabuabuan, ada lipitan batik sedikit di pergelangan tangan, kerah baju, dan barisan kancing. Hari jum’at saatnya pake batik warna coklat gelap, dan sabtu adalah hari santai sedunia makanya didesainkan kaos orenji.

Inilah dia seragam baru gue, *yang orenji masih dicuci*

Semua orang, dari kabag sampe pak satpam minta traktiran. Maksodlooo?

Buat apa coba gue kasih traktiran hanya untuk “seragam”. Toh seragam ini bukan diberikan percuma oleh pabrik, gue bayar bro! Dipotong dari gaji setiap bulan selama enam bulan. Lalu kenapa gue musti nraktir elu? Bukankah ini kewajiban pabrik ngasih gue pakaian biar sama dengan orangorang.

Kalo lu ga nraktir berarti lu ga bersyukur karena lu udah dapat seragam, ga kayak gue.

Sempit. Gue pikir orangorang salah mengartikan antara traktiran dan syukuran.

Saking dibully-nya gue sama semua orang yang haus akan traktiran, gue sempet frustasi trus nulis curcol di fb😀 Hahaha *labil*

status

Yaa .. coba aja pikir. Setiap hari gue bawa permen jadi ga ada artinya kalo gue belum bawa nasi. Harga nasi berapa? Sedangkan yang minta traktiran bukan hanya elu, tapi semua orang yang gue kenal di pabrik. Gaji satu abad pun ga akan cukup untuk nraktirin semuanya.

Gue rasa, cara bersyukur yang baik bukan dilihat dari berapa besar uang yang dikeluarkan, namun lebih pada tanggung jawab yang dimiliki semakin besar. Karena dengan memakai seragam, itu artinya gue masih dipercaya buat menjalankan visi dan misi pabrik. Kerjaan semakin banyak, tanggung jawab harusnya juga lebih ditingkatin. Harusnya seperti itu rasa bersyukur.

Di suatu pagi yang cerah, pak arif –kabag finishing yang pendiam, ngomong seadanya, kok tumbentumbenan bilang .. mana traktirannya dil?

Gue mendekat perlahan pada beliau. Pak arif suka permen? Saya traktir pake permen ya pak *ngeluarinpermen tiga biji*😀

6 thoughts on “Seragam

Tinggalkan Balasan

