Gembala

gembalaTau ga kalo ada dua versi lagu anakanak yang mengangkat kisah tentang seorang gembala? Bagi yang enggak tau, kasian banget deh hidup masa kecil lu 😛

Kenapa ya dulu si pencipta kok bisabisanya ngarang lagu tentang ternak, gembala, dari kambing sampe kebo? Padahal kerjaan gembala jaman segitu udah ga buming lagi. Apalagi jaman sekarang. Kok masih belum ada ya lagu anakanak yang mengangkat kisah punya tablet baru, komputer baru, BB mahal, nama fb 4L4Y dan lainlain sebagainya :/

Tasya – Aku anak gembala

Aku adalah anak gembala, selalu riang serta gembira, karena aku senang bekerja, tak pernah malas ataupun lengah, tralala lalalala, tralala lalalalala, tralala lalalala, tralala lalalalalala. Setiap hari ku bawa ternak, ke padang rumput di kaki bukit, rumputnya hijau subur dan banyak, ternakku makan tak pernah sdikit, tralala lalalala, tralala lalalalala, tralala lalalala, tralala lalalalalalaaa~

Rani – Gembala sapi

Saya ini si gembala sapi, young lide young lie young liede, inilah kerjanya, si gembala sapi, apa yang ku pikirkan lagi, jika hari sudah petang, sapi pulang ke kandang, saya turut dari belakang, jika sudah tutup pintu kandang, si gembala menyenangkan badan, inilah kerjanya si gembala sapi, apa yang ku pikirkan lagi, yepie..pie…yepie…ah..ah yepie..yepie…pie..pie yoboleio..ih.. yo..lei…iih ooo yoboleio..yoboleio…lei boleio.. inilah kerjanya si gembala sapi, apa yang ku pikirkan lagi, yoboleio…ih..yo..lei..yoo yoboleio…yoboleio…lei..iih ooo~

Udah sering muncul di tipi, didengerin di radio, malah bisa didonlod di yutub. Yang jadi pertanyaan, kenapa elu sampe ga tau lagulagu ini?

Radio kesayangan gue pas di malang dulu, radio kosmonita, jam delapan sampe sembilan di hari minggu pagi dengan setia dengerin suaranya kak yudha dalam duniaaa anaaak 😀

Selalu ada adek kecil yang telpon dan mintak lagu –istilah request jangan diperkenalkan pada anak kecil. Ada tuh yang telpon trus ceritacerita mau jalanjalan sama mamahnya, trus gitu mau beli jajan, kak yudhanya pengen minta dianterin jajan kesana, adeknya jawab ho’oh sambil malumalu. Iiihh .. unyuk unyuk :3

Pas mintak lagu, sama kak yudha disuruh nyanyi dulu, adeknya ga mau, maluuu katanya 😀 Setelah dihipnotis, akhirnya si adek kecil nyanyi deh. Lagunya ampar ampar pisang.

Ampar ampar pisang, Pisangku balum masak, Masak sabigi dihurung bari-bari, Masak sabigi dihurung bari-bari, Mangga lepak mangga lepok, Patah kayu bengkok, Bengkok dimakan api, apinya canculupan, Bengkok dimakan api, apinya canculupan, Nang mana batis kutung dikitip bidawang, Nang mana batis kutung dikitip bidawang~

Hingga akhirnya lagu daerah dari kalimantan selatan ini selalu terngiangngiang di telinga gue. setiap kali inget, langsung deh nyanyi lagu anakanak yang gue ketahui, yang tibatiba muncul di tipi lokal dengan wajah datar artis lokal, acara nyanyi tetap berlangsung.

Si jana hanya termenung melihat gue nyanyi. Setelah lagu diputar 100 kali akhirnya berhenti, gue melemparkan pandangan pada jana dengan heran.

Elu tau ga lagu ini?

Jana gelenggeleng.

Amsyooong~ Siapa yang lebih muda coba, kenapa dia ga tau lagu ini. Padahal ini lagu daerah yang HARUSNYA sering diputer ketika paud-teka-esde, bukannya lagu SEPARUH KENTUTKUUU .. DIRIMUUU ..

Ngaku? Lu tau ga lagu ini?

Si Patokaan

Lyrics:Sayang sayang, si patokaan
Matigo-tigo goro-kan sayang

Sako mangemo nan tanah jauh,
Mangemo mi lele lako sayang
Sako mangemo nan tanah jauh
Mangemo mi lele lako sayang

Lyrics in English:My dear … father land
May you stay in peace and well

If you go to a land far away
Please be careful
If you go to a land far away
Please be careful

Sudah tau apa baru tau?

Ajegileee..  Anak muda jaman sekarang. Ckckck. Inilah kenapa gue sering posting lagu anakanak di fb, hanya karena gue pengen ngingetin semua ibuibu, calon ibuibu untuk tidak melupakan lagu anakanak. Ga mungkin dong lu nyanyiin lagu asolole pada anak bayi yang baru bisa ngomong :O

Terus, apa hubungannya semua ini dengan judul postingan “G-E-M-B-A-L-A”?

Sudah. Lupakan. *nggak bisa jawab, kabur*

Iklan

5 thoughts on “Gembala

  1. peta berkata:

    jujur aja lagu anak yg sya masih hafal tuh, “libur telah tiba.. libur telah tiba.. hore, hore..” 🙂

    Ngenes banget, sekarang mah jarang ada idola cilik yg nyanyi lagu anak-anak.. adanya boyband kumpulan anak kecil yg nyanyiin lagu cinta-cintaan.. *preet

  2. Mita Alakadarnya berkata:

    dulu pas masih kecil banyak banget lagu anak-anak, terus tiap minggu selalu di tayanganin di tivi, sampe apal beberapa lagu karena selalu mantengin tivi setiap minggu..
    sayang banget sekarang lagu anak-anak gak pernah di tayangin di tivi ya, jadinya anak2 sekarang apalnya lagi2 cinta yg seharusnya bukan untuk mereka….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s