Jajan Muludtan

kaligrafi-nabi-muhammad-saw_823642384Maulid Nabi diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal dari taun gajah sampe taun chibichibi. Sampe sekarang pun masih terdapat ritual syukuran dengan membawa nasi tumpeng, nasi kuning, nasi kotak, nasi persegi panjang, buahbuahan dan sebagainya ke mesjid dan musholla deket rumah. Seperti yang kemarin ini.

Sejarah Maulid Nabi dapat dilihat disini -> KLIK.

Di mesjid perumaan gue, acara muludtan dirayakan hari kamis malem jumat, kalo di daerah lu pasti ngerayainnya di hari rabu malem kemis. Ya sukasukanya takmir aja mau diadain kapan, yang jelas bukan dirayain lima puluh taun lagi.

Pesta ulangtaun Nabi Besar Muhammad SAW dirayakan di mesjid-musholla seantero jadat raya. Semua umat muslim diundang loh. Kenapa lu ga datang?

Heran deh. Sama mak-mak yang seharian sibuk di dapur, bikin nasi tumpeng setinggi gunung semeru. Trus cuman dianterin ke mesjid doang tanpa ikut merayakan kemeriahannya. Meskipun pulangnya ga musti bawa jajan (untuk ngegantiin jajan yang dibawa) tapi yang namanya pesta ulangtaun kan TIADA KESAN TANPA KEHADIRAN LU.

Dan gue bersama mama dateng ke mesjid. Bawa nasi dan buahbuahan. Keranjang buahnya dikasih bungabunga cantik, untuk orang cantik. Siapa yang berhasil mendapatkannya? Udah berapa taun nih gue ga pernah ikut muludtan, eh, di mesjid kok banyak yang dateng. Tumpah ruah kayak kondisi pas sholat ied. Alhamdulillah. Yang baca sholawat pasti bakal lebih banyak.

Tapi ga tau juga ya kalo niatnya ke mesjid bawa jajan tapi pengen dapet jajan lebih banyak dari jajan yang dibawa sebelumnya:/ Ajegile.

Mama udah ngajarin gue dari kecil. Kalo pas muludtan ga dapet jajan, ga boleh nangis ya. Karena mama udah nyiapin jajan sendiri kalokalo anaknya pulang ga dapet jajan. Lah sekarang udah gede bung. Yang namanya dapet jajan bukan jaadi niat utama lagi.

Lah terus?

Ngecengin anaknya ketua takmir yang ganteng *baru masuk teka*😀

Itu perayaan di mesjid dan musholla. Beda lagi sama perayaan di sekolah dulu.

Pas esde tiap kali muludtan pasti disuruh bawa jajan. Jajannya ga boleh berbentuk nasi, harus kue. Buahbuahan boleh, duit apalagi🙂

Jajan gue taruh diatas meja, lalu semua siswa disuruh nunggu diluar sembari jam istirahat. Bu guru dibantu salah satu siswa masuk ke dalam ruang yang kelambu dan pintunya ditutup. Pas masuk ke dalem kelas, eh, jajan lemper berubah jadi donat. Sejak saat itu gue percaya bahwa ibu guru termasuk murid sakti ki joko bodo.

Setelah gue esempe, gue baru tau kalo jajan gue dituker secara random dan dibagiin rata satu kelas. Ooo.

Pantes aja, dulu gue ga pernah diajak ibu guru untuk masuk ke dalem kelas, bagibagiin kue dan mengacaknya satu kelas. Karena gue dari kecil udah cacingan gini, bu guru prihatin kalo gue yang masuk pasti jajan satu kelas lenyap tak bersisa. *mulut gue belepotan*

Dulu seneng banget kalo dapet buahbuahan, karena yang bawa buahbuahan pasti orang kaya. Lebih seneng lagi pas cowok yang gue taksir ternyata dapet jajan yang gue bawa tadi. Entah jajan itu akan dimakannya ato dibuang ke tempat sampah. Yang penting, jajan gue ada di dia. Itu artiya KITA BERJODOH! *lari keliling lapangan sambil makan kue donat*

8 thoughts on “Jajan Muludtan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s