Asyiknya Kerja Lembur

Baru kali ini gue menikmatin yang namanya lemburan😀 Jarang banget ya ada buruh yang sukasukanya hari minggu di pabrik. Kan hari minggu bisa tuh dibuat tidurtiduran di sawah sambil jagain kebo berendam ato cucicuci baju di sungai trus selendangnya ditemuin jaka tarub. Eh, jadi dapet pacar deh. Tapi khusus hari ini, lemburan is wonderful, amazing, fantastic \^^/

Karena gue belajar naik forklift.

Naik aja pake belajar, kan tinggal naek gitu masak ga bisa.

Mengendarai maksudnya😛

Yang gue tau di hari sebelumnya, yang jadi supir forklifnya itu mas sinyo. Aduh. Ini siapa lagi ya? Gue ga kenal. Eh tapi pas dateng pagi tadi selain ada mas rio dan mas diko, eh, ada mas agus. Hore horeee. Minta ajarin nyupir😉

Forklift adalah sebuah alat bantu berupa kendaraan yang fungsinya memindahkan barang dengan jumlah besar dari satu tempat ke tempat yang lain. Mereka yang berada di belakang kemudi forklift disebut operator. Meski terlihat mudah ternyata pekerjaan sebagai operator forklift justru menyimpan kesulitan yang tinggi. Badan forklift yang besar dengan sistem penggerak roda depan dengan kemudi yang mengatur ban belakang memerlukan sosok yang terampil dan aman untuk mengoperasikannya. Bisa dibayangkan dengan daerah operasional sebuah gudang produksi lalu tiba-tiba banyak dus-dus berjatuhan hanya karena salah pengoperasian. Imbasnya tentu berkaitan dengan jumlah produksi harian.

Setelah berpuaspuas ngangkutin rotiroti ke dalem lemari, barulah gue minta ajarin. Hihihi. Gue cuman punya sim C, jadi gue buta arah soal koplingan mobil. Jadi yaaa .. belajar mulai awal itu.

Cara mengendarai forklift:

  1. Siapkan forkliftnya.
  2. Tapi pinjem dulu kuncinya dari pak satpam.
  3. Duduknya di kursi forklift, jangan duduk di garpunya.
  4. Putar kunci searah jarum jam, tunggu sampe lampulampu indikatornya mati, trus putar lagi kuncinya searah jarum jam untuk menghidupkan mesin
  5. Karena forklift yang gue pake pake koplingan, maka pedal (apa itu ya disebutnya? yang diinjekinjek lah pokoknya) ada tiga macem, kopling-rem-gas (dari kiri ke kanan). Nah pedal yang paling kiri, koplingan dan rem diinjek bersamasama trus knop yang disebelah kiri (ga tau juga apa namanya, yang kayak stik PS itu dah), di majuin.
  6. Setelah itu koplingan tangan dimundurin dari posisi netral.
  7. Di sebelahnya kan ada tuas lagi buat maju-netral-mundur. Kalo pengen maju ya tuasnya dimajuin. Kalo pengen dimundurin ya dimundurin. Tapi enggal bisa jalan miring ato L:/
  8. Lalu angkat kaki yang nginjek kopling dan rem pelanpelan.
  9. Tadaaa …
  10. Forklift pun berjalan lambatlambat kayak kurakura nggendong badak. Kalo mau cepet sih ya gasnya ditekan. Jangan lupa koplinganya diganti, jadi maju, untuk ningkatin tenaga.

Well. Itulah tutorial sederhana yang membingungkan untuk menjalankan forklift. Untuk tau bagaimana cara geser-geserin garpu forklift atas-bawah maju-mundur, tunggu kisah selanjutnya dong. Enak aja. Gue kan belum belajar. Besok aja deh kalo gue udah belajar, nanti gue akan share pada elu semua.

Karena lemburan ga selamanya membosankan. Apalagi ditemenin sama yang gantengganteng kayak mas diko dan mas rio. Huahahaaa. Udah punya istriii :O

Tapi kalo tiap kali lembur gue bisa belajar mengendarai forklift sedikitsedikit sampe akhirnya gue ahli dan mendapatkan sertifikat sebagai supir forklift teladan se-dunia, .. Bu ketut, besok saya lembur lagi ya😉

7 thoughts on “Asyiknya Kerja Lembur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s