Legenda Bondoyudo

Alkisah terdapat sebuah sungai terpanjang di kota Lumajang, membelah kota menjadi dua bagian sama besar, sungai itu dinamakan sungai Bondoyudo. Barang siapa ada seorang pendatang yang menetap di Lumajang untuk bekerja ataupu belajar dalam kurun waktu tertentu, ketika melewati sungai Bondoyudo dan tidak melemparkan uang ke dalamnya, maka pendatang tersebut amat sangat dipastikan akan mendapatkan jodoh orang Lumajang. Karena bondoyudo berasal dari kata bondo, yakni terikat. Maka si pendatang tersebut akan terikat dengan Lumajang.

Jengjeng ..

Begitulah legenda sungai bondoyudo yang selama duapuluhtiga taun tinggal disini, pertama kalinya gue mendengarkan. Ah masak sih? Antara percaya dengan enggak, 50:50. Setelah gue tanya ke mama, kata mama emang iya. Pengalaman juga. Kan mama orang malang, pindah ke lumajang, lewat sungai bondoyudo tapi ga buang uang, eh, dapet si papa deh yang asli orang lumajang. Ciecieee😛

Gue dapet cerita ini dari tementemen pabrik, karena sebagian besar orang pabrik itu nikahnya ya sama orang pabrik situ juga. Ibarat pepatah mengatakan .. CINTA LOKASI. Nahloh. Bagi para pendatang, yang bukan orang lumajang, patut diwaspadai karena nanti jodohnya pasti orang lumajang.

Teringat katakata si senja, temen kuliah: Jodohnya perempuan itu kalo ga di tempat pendidikan terakhir ya di tempat kerja pertama. Uwow. Bener ga ya? Gue jadinya selain ngeliatin kayukayu juga ngeliat apa masih ada ORANG GANTENG DAN BELUM MENIKAH disini. Sikaaat😀

Mitos kadangkala ga sesuai dengan fakta. Bisa aja tuh mitos emang sengaja dipake biar orang lumajang ga ada yang jadi perawan tua dan bujang lapuk. Kalo dilogika sih lebih mantepan pendekatan melalui cinta lokasi ketimbang dari analisis legenda sungai bondoyudo.

Gue ga bisa bayangin gimana kalo banyak orang baca blog gue dan mereka jadi mikir. Buangbuang duit satu milyar ke sungai bondoyudo biar ga dapet jodoh orang lumajang. Gimana nasib perjaka dan perawan di kota lumajang? Lalu gimana nasib si pendatang itu kalo udah buangbuang duit tapi tetep aja nanti jodohnya ama orang lumajang? Gimana juga nasib duit satu milyar yang hanyut itu, apakah berhasil gue temukan atau tidak, apakah terciprat eek sapi atau eek manusia? Banyak pertanyaan yang belum bisa terungkap oleh fakta. Diyakini aja. Kalo emang pengen niat kerja dan belajar di lumajang, pasti dapetnya jodoh orang lumajang, loh. Kalo emang pengen niat cari jodoh orang lumajang, ya .. PILIH SAYA SAJA YA😉 kwokwokwok

10 thoughts on “Legenda Bondoyudo

    • aldilalala berkata:

      iya mbak🙂 kapan lagi bisa posting kalo ga sekarang. besok juga ga bakal tau ada waktu luang apa enggak. hehehe. selamat menikmati sajiaaan \^^/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s