Pengajian

Assalamualaikum wr wb,

Nanti abis magrib di rumah gue ada pengajian kawankawan. Ayo siapa yang mau datang? Pengajiannya khusus ibuibu. Jadi kalo ada temen cowok pengen ikut, harus pake hijab ya 😉

Sore tadi rempong banget deh sekeluarga nyiapin makanan. Si papa dengan sukarela mengulek cabe, haha, secara gue yang kurus kering kerontang ini enggak punya tenaga untuk membuat sambel. Jadi yang berminat jadi suami gue nantinya harus ga doyan sambel biar gue ga capekcapek ngulek cabe segitu banyak 😀

Nah. Menu utama pengajian malam ini adalah .. jengjeng .. KUPANG LONTONG SATE KERANG.

Kupang lontong menurut Wikipedia

Lontong kupang atau kupang lontong adalah nama makanan khas daerah Jawa Timur. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Surabaya dan Sidoarjo. Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih (Corbula faba H), yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar antara biji beras dan biji kedelai. Kupang yang telah dikupas dan dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Untuk menghidangkan biasanya dipadukan dengan sate kerang, serta minuman air kelapamuda atau degan.

Dasar mama ya. Pengennya ga mau ribet. Pengajian gitu selalu ngasih makanannya hasil beli, pesen dari orang. Trus gitu dimasukin wadah gitu, dibawa pulang. Jadi ga perlu repotrepot cuci piring. Ide yang bagus! Dengan ini juga jadwal cuci piring gue ga menumpuk dengan sadis.

Kayaknya sih ga ilok gitu ya pengajian tapi makanannya dibawa pulang. Eits. Selain ga repot cuci piring ternyata masih banyak kelebihannya. Yaitu: GA MEMBUANG SISA MAKANAN. Kalo dibawa pulang jelasnya lekas habis, soalnya satu menu dimakan keroyokan sama anggota keluarga lainnya. Lah kalo dimakan ditempat, udah ga doyan, perut udah kenyang, pasti ga abis, lalu masuk tempat sampah. Jadinya bermanfaat banget kan 😉

Makanan pendamping yaitu HECI.

Resep HECI

Bahan Ote-ote / Heci :

  • ½ kg terigu
  • 800-850 ml air
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt masako (klo gak males masako diganti 3 siung bwg putih, sedikit merica dan gula, haluskan)
  • 1 bungkus sop-sopan (seribu Rp, terdiri dari 2 buah wortel besar, beberapa buncis, kol, kentang, seledri, & bawang pre) bersihkan & potong sesuai selera

Cara membuat Ote-ote atau Heci 

Campur semua bahan jadi satu, cetak di sendok sayur yang telah direndam minyak panas, goreng sampai matang. Sajikan.

Taraaa .. Lengkap sudah menu pengajian kali ini. Eh. Udah maghrib nih, sholat dulu yok. abis ini ibuibu mau dateng ke rumah. Ayo ayo siapa yang pengen ngicip kupang lontong sate kerang dan heci, boleh mampir ke rumah. Ditunggu sampe jam tujuh lebih lima. Kalo lu dateng jam tujuh lebih enam, dipastikan makanan udah habis tak bersisa karena yang CACINGAN ini akan melahap semuanya 😀

 

Kalo di rumah lu, apa menu makanan untuk pengajiannya? Kasih tau yaaa .. kalo bisa sih sekalian dikirim juga ke rumah gue 😉

Wassalamualaikum wr wb.

Iklan

12 thoughts on “Pengajian

    • aldilalala berkata:

      Pesen dari tetangga bang. Mama cuman bisa masak tempe goreng. Wkwkwk. Ayo ayo diicipin :9
      Langsung meluncur kesana bang 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s