Catur

Sedari tadi dicuekin pacar yang langi ngebengkel, gue maenmaen ama adeknya. Namanya vicky, baru kelas tiga esde. Yang hari ini ga masuk garagara sakit panas. Ceritacerita –lebih banyak gue yang nanya kali ya, maklum kan anak kecil susah kalo ngomong sendiri, perlu halhal spektakuler untuk menarik perhatiannya. Ya begitu itu anak kecil, jujur banget kalo jawab. Secara masih polos nan lugu. Sama ama gue yang udah segede gajah begini masih aja sok polos 😀

Cerita tentang pilem kesukaannya si oggy. Itutuh kucing ungu yang berkawan dengan tiga kecoak. Meskipun udah tayang di tipi, masih aja ditonton di youtube. Haduduh. Anak kecil jaman sekarang udah bisa internetan. Gue mah dulu belajar komputer mulai kelas lima, tau internet kelas dua esema. Jauh amat yak perkembangan teknologinya. Kalo sekarang? Balita aja udah bisa main angrybirds. Asal ga nonton bokep, pasti aman dunia ini 😀

Kelas tiga esde. Apa udah tau tentang gerhana ya? Heran. Gue selalu dibantah ama pertanyaan sains. Yang gerhana lah, yang tsunami lah, yang petir lah. Keseringan browsing ilmu pengetahuan nih anak. Ya gue tanya balik aja. Kalo gerhana bulan, posisi bumi ada di tengah apa di belakang? Tsunami terjadi karena apa? Hebatnya, vicky bisa jawab. Ckckck. Jenius nih anak.

Biasanya kita main monopoli ato ular tangga gitu, berhubung duitduitnya ilang, jadi pindah topik permainan. Main CATUR. Percaya ato enggak, gue yang berusia duapuluhtiga taun ini HAMPIR SAJA dikalahkan oleh anak kelas tiga esde. Heran deh. Belajar darimana dia?

Menurut wikipedia

Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti “empat”. Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut. Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.

Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil dari bahasa Persia shah.

Katanya sih belajar dari leptop, tuh game kan bawaan dari windowsnya. Eh sumpe lo? Masak belajar gitu cuman dari leptop? Si kakak pertama yang gue tantang malah ga mau saingan ama gue. Adeknya yang kelas tiga esde aja mau. Lalu si kakak kedua yang calon dokter hewan ini, apa mau ya? -> seret TERSANGKA UTAMA.

Dan gue baru tau, baru menyadari, baru mengetahui, bahwa .. RAJA GA BISA MAKAN RAJA. Ajegile. Kemana aje lu al. Gue diajarin vicky tadi. Gue baru tau -.-a Tapi setelah gue baca di wikipedia, kok ga ada ya aturan raja ga boleh makan raja? Ini peraturan emang bener ato gue dikerjain anak kecil?

Yang jelas vicky kalah setelah rajanya gue skakmat oleh pion ratu dan gajah. Heran deh. Kenapa pion yang jalannya miringmiring diagonal itu namanya gajah? Emang gajah jalannya miringmiring gitu kayak kepiting? Ayo yang mengaku gajah silahkan menjawab!

Menurut gue, pion kuda yang paling aneh, yang paling lama buat mikir. Nih kuda enaknya jalan kemana ya? Karena lintasannya berbentuk L gitu, ga luruslurus, jadinya lama buat mikir. Apalagi kalo kudanya eek di tengah jalan. Huidih. Bisa lambat permainnannya karena si raja harus ngebersiin lapangan catur dari eek yang berserakan.

Namanya juga mainan ama anak kecil, sering banget tuh vicky bilang “SEBENTAR” lalu balikin bidak catur yang udah jalan ke tempat sebelumnya, karena dia salah langkah yang bikin bidaknya dimakan oleh bidak gue. Jadinya gue seringsering banget tanya, “Adek yakin ga bidak yang itu duduk disitu?”, lalu gue tunjukin bahwa posisi dia ga nguntungin sehingga akan gue makan. Biasanya sih setelah ngomong gitu, dia langsung mundur, repeat again and again. Jangan bosen ya. Sepanjang waktu akan seperti itu.

Susah deh musuh anak kecil. Kalo kalah pasti nangis, rewel, sebel, tibatiba benci sama kita. Solusinya sih ngalah. Tapi gue ogah ngalah kalo urusan catur. Gile aja men. Urusan otak ini. Gue terbiasa ngalah dalam permainan monopoli dan ular tangga yang hanya mengandalkan keberuntungan dadu. Lah kalo catur kan benerbener gunain otak. Untuk ukuran otak anak kelas tiga esde, gue jujur bahwa gue mengakui kecerdasannya. Tapi jikalau sampe kalah ama anak kelas tiga esde, gue mungkin akan gantung diri di pohon tomat.

10 thoughts on “Catur

    • aldilalala berkata:

      Hahaha 😀
      Kalo main jangan diangkat bang, beraaat. Digeser aja. Lebih gampang lagi kalo kita kasih perintah, bidak caturnya bisa jalan sendiri :O

    • aldilalala berkata:

      Ayo bang. Main catur sama saya 😀 Kalo abang kalah, harus nraktirin saya. Kalo saya kalah, saya pasti nangis, jadi abang juga harus nraktirin saya biar ga nangis. Nahloh. Hahaha 😀

Tinggalkan Balasan

