Tugas SMK Jurusan Patiseri

Begini ini pengangguran. Bingung mau ngapain, selain mangan-nelek-mangan-nelek *gaya cak boyo*ūüėÄ Huohoho. Biasanya sih gue seringnya godain adekadek gue. Si eming yang tibatiba gue cium ato si jana yang gue peluk. Tapi kenapa mereka berdua selalu menghindar. Padahal loh gue selalu wangi, rajin mandi dan gosok gigi. Cium dan peluk kan tanda sayang. Tapi ga ada yang mau kecuali mama dan papa.

Tadi siang si jana sibuk latian pedang *ceile* latian pake pisau maksudnya. Dia dapet tugas bikin hiasan dari sayursayuran gitu. Nama ilmiahnya sih GARNIS. Mulai kemarin selalu browsing gimana bikin garnis yang manis kayak gueūüėÄ

Wot is garnis?

Menurut wikipedia ..

A¬†garnish¬†is an item or substance used as a decoration or¬†embellishment¬†accompanying a prepared food¬†dish¬†or¬†drink. In many cases, it may give added or contrasting¬†flavor. Some garnishes are selected mainly to augment the visual impact of the plate, while others are selected specifically for the flavor they may impart.[1]¬†This is in contrast to a¬†condiment¬†which is primarily a prepared sauce product of a specific flavor added to another food item. A food item which is served with garnish may be described as being¬†garni, the¬†French¬†term for ‘garnished.’ Many garnishes are not intended to be eaten, though for some it is fine to do so.¬†Parsley¬†is an example of a traditional garnish; this pungent green¬†herb¬†has small distinctly shaped leaves, firm stems, and is easy to trim into a garnish.

A garnish makes food or drink items more visually appealing.[2] They may, for example, enhance their color, such as when paprika is sprinkled on a salmon salad. They may give a color contrast, for example when chives are sprinkled on potatoes. They may make acocktail more visually appealing, such as when a cocktail umbrella is added to an exotic drink, or when a Mai Tai is topped with any number of tropical fruit pieces. Sushi may be garnished with baran, a type of plastic grass or leaf. Sometimes a garnish and a condiment will be used together to finish the presentation of a dish; for example, an entrée could be topped with a sauce, as the condiment, along with a sprig of parsley as a garnish.

A garnish may be so readily identified with a specific dish that the dish may appear incomplete without the garnish. Examples include abanana split sundae with cherries on top or buffalo wings served with celery stick garnish and blue cheese dressing.

Tools often used for creating food garnishes include skewers, knives, graters, toothpicks, and parchment cones.[3]

Jangan tanya apa artinya dari paragraf segitu banyak. Karena gue enggak tau. Yang jelas garnish tuh ilmu untuk bikinbikin hiasan dari makanan. Begitulah kurang lebih artinya.

Heran deh. Mau bikin garnis aja pake rempong segala. Mana mama yang pesen sayurnya ke mlijo. Mumpung si empunya tugas lagi keluar cari tandatangan tukang bakso, gue aplod aja makalahnya. Hihihi. Padahal baru jadi, besok mau dikumpulin. Sori ya dedek sayang, biar ilmu lu nyebar ke dunia.

Inilah makalah tugas garnis bikinan anak kelas satu esemka jurusan patiseri. Cekidot.

Gue yang disuruh jadi potograper. Eladalah. Nyocot banget pesenannya. Kalo moto cuman tangan aja, orangnya, apalagi idungnya, jangan sampe keliatan. Buat apa coba? Bagusan idungnya suleūüėõ

Dulu gue sempet liat tugasnya anak sarjana tataboga. Miripmirip gitu sih ama tugas anak smk. Bikinbikin lipetan origami untuk mengilustrasikan bagaimana cara membuat serbet yang biasabiasa aja jadi terbentuk dengan indahnya. Nah. Mungkin minggu depan jana bakal dapet tugas kayak gitu juga. Tentang bagaimana ngelipet pakaian jemuran milik tetangga.

Untuk saat ini dia masih cari tandatangan dan wawancarain bapak tukang bakso. Keperluannya sih cuman tanya gimana cara untuk memulai wirausaha. Kenapa dia harus milih tukang bakso? Apakah karena pipinya gembul kayak pentol bakso? Kenapa ga sate? Ato soto gitu.

Kayaknya seru juga deh masuk SMK. Lulus S1 ini gue boleh ga ya daftar jadi anak SMK? Kalo bisa sih, jurusan otomotif. Biar bisa tau cara gunain gergaji dan cara make kunci T :O

8 thoughts on “Tugas SMK Jurusan Patiseri

    • aldilalala berkata:

      Iya bang. Terlihat lebih cantik dan indah. Sedap dipandang hingga membuat siapa saja tertarik untuk mencicipinyaūüėÄ

  1. affanibnu berkata:

    saya dari dulu kalo ke pesta2 ato nasi tumpengan yang menyertakan hal2 seperti itu..

    dan dari dulu saya bertanya : apakah bisa saya makan itu? atau patutkah jika hiasan itu ikut dimakan..?

    • aldilalala berkata:

      Kalo sekedar hiasan tomat, wortel, sayursayuran lain sih bolehboleh aja bang. Tapi kalo kulit duren sebaiknya jangan. Selain menganggu pernafasan juga dapat merontokkan gigiūüėÄ

    • aldilalala berkata:

      Saya juga enggak tau itu artinya apa o.O
      Besokbesok si jana mau bikin garnis dari semangka dan duren :O *kita liat saja bagaimana hasilnya .. sekalian diicipin tak jadi masalah .. uwehehe*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s