Psikotes Logika Matematika Episode 2-5

Kelanjutan dari episode sebelumnya, (baca: episode 1), gue akan ngebahas soal nomer enam sampe sepuluh. Gimana pe’ernya yang kemarin udah dikerjain belum? Edodoe. Gimana mau pinter matematika kalo ngerjain pe’er aja nyalin jawaban temen. Lu ga mau kan dapet IQ jongkok karena keseringan nyontek jawaban temen? Biasanya sih ya kalo ada temen yang relain tugas-pe’er-sampe ujiannya dia dicontekin ke eluelu semua, seharusnya lu harus waspada. Karena ada udang dibalik rengginang, dia pasti ada maunya.

  • Biar lu harus nraktirin dia di kantin
  • Biar bisa jadi anak nyokap-bokap lu
  • Yang paling parah, biar bisa jadian ama lu
  • Yang lebih parah, biar kapasitas otak lu yang nganggur karena sering ga dipake –didoain ama orang teraniaya, jadi masuk dalem otaknya. Dia jadi lebih pinter.

Dalam teori contek-mencontek, hanya 24,73% orang mencontek yang bisa lebih pinter dari yang dicontek. Sisanya .. orang yang nyontekin ratarata jadi makin pinter di kemudian hari garagara sering nyontekin. Apa karena berbagi kepintaran gitu ya? Lalu dikasih mukjizat sama Tuhan, jadi makin pinter. Nahloh. Mending sekarang ubah posisi lu. Yang dulunya sering nyontek, ayo dong sesekali nyontekin (tapi nyontekinnya yang bener, jangan yang salah –nanti malah MENYESATKAN). Yang dulunya sering nyontekin, ojo rekoso, sesekali nyontek dong. Biar otaknya ga capek. Santai bro😉

Ayoyo sob. Siapa yang bisa ngerjain soal ini paling cepet. Angkat kaki!

Kalo soal yang kemarin level tiga, sekarang udah level lima. Ibarat sekolahan, kalo lu ga bisa ngerjain, harus remidi. Kalo abis remidi tapi gagal juga, sok atuh langsung liat kunci jawabannya😀 *aldilalala emang guru yang bijaksana*

Logika Matematika. Episode 2 dari 5 Episode.

Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.

Skor. Jawaban benar.

  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik

Petunjuk.

Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.

  • 6. Pak Andri mempunyai uang Rp 2.700.000 dan berniat untuk membeli TV. Harga TV tersebut sebelum didiskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Andri juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Andri saat ini?
  • 7. Anto berangkat dari kota X pada pukul 10.20 dan tiba di kota Y pada pukul 14.40. Jika ia mengendarai mobilnya dengan kecepatan ratarata 75 km/jam dan beristirahat selama 1/3 jam, berapakah jarah dari kota X ke kota Y?
  • 8. Harga sewa mobil di sebuah persewaan mobil adalah Rp 375.000/24 jam pertama, sedangkan kelebihan dua jam berikutnya dikenai denda Rp 25.000. Jika suatu hari, Jerry menyewa sebuah mobil dan diharuskan membayar Rp 625.000, berapa lama Jerry menyewa mobil tersebut?
  • 9. Danang bekerja sebagai kurir di sebuah perusahaan pengiriman barang di Bandung selama 5 jam per hari dan 6 hari dalam seminggu. Danang mendapat upah sebesar Rp 3.500 per jam dan uang lembur sebesar Rp 5.000/ jam. Jika dalam 4 minggu Danang menerima uang sebesar Rp 650.000, berapakah lama lemburnya?
  • 10. Jika umur Toni setengah dari umur Tama, umur Tini 14 tahun lebih mudah dari Tama. Dan jumlah umur Toni dan Tini adalah 34 tahun, berapakah umur Toni, Tama, dan Tini?

Jawabannya adalah, (klik gambarnya biar jelas)

 

So far. Gimana sob menurut lu logika matematika itu? Mudah bukan😉 Ada tugas lagi nih. Hihihi *seneng banget gue kasih pe’er*

11. Deny mempunyai uang 4 kali lipat uang Dany. Sedangkan uang Dany hanya ¼ dari uang Doni. Uang Dony hanya ½ uang Diny. Uang siapakah yang paling banyak?

Jelasnya duit gue lebih banyak😀

Selamat mengerjakan pe’er. Kalo ada yang ga ngerti segera ditanyakan kepada ibu guru ya. Salam matematikus ^^b *IT’S MAGIC

25 thoughts on “Psikotes Logika Matematika Episode 2-5

    • aldilalala berkata:

      pake rumus v=s/t bang. alias kecepatan=jarak/ waktu. semakin besar jarak (radius daerah pemasaran) dan semakin kecil waktu yang dicapai (keakuratan waktu) maka kecepatan mendapatkan uang akan semakin besar😀 *serius sumpah!

    • aldilalala berkata:

      Kesulitannya cuman memodelkan soal ke dalam matematika. Kalo udah mahir mah jadi mudah. Tapi biasanya ga teliti karena durasi waktu yang pendek😀 selamat mencoba, bang!

    • aldilalala berkata:

      Hehehe. Kalo menurut ilmu biologi sih begitu bang😀 Tapi jaman sekarang biasanya udah ga jaman toni+tini=tono, 2012 jadinya toni+tini=chelsea alexandra smith dan tambahan yang lain😀 Huehehehe

  1. Ping-balik: rental bus pariwisata
  2. Ping-balik: kain batik pekalongan
  3. Ping-balik: toko olahraga murah
  4. parel nama nya berkata:

    Mana jawaban no 7 nya om??…
    jarak nya brpa, jawaban saya 271 km..
    pengen tau jawaban..plis respon ya om.

    • nurdyansyah mara berkata:

      menurut ane 3/2 itu di dapat dari 1/2 tama + tama, ingat prinsip aljabar, jumlah kan variable yang sama 1/2tama + tama = 3/2, ato bisa sama dengan 1/2x + 1x, trus yang 14 itu dia kan sendirian, alias angka tanpa huruf, gitu jadinya bang😀

  5. Nazif berkata:

    menurut saya no 8 jawabannya 29 jam
    keterangan soal “sedangkan kelebihan dua jam berikutnya dikenai denda Rp 25.000″=> denda Rp25.000/2jam
    yang harus di bayar Rp625.000(Rp375.000(24jam)+Rp250.000(yang perlu dicari))

    Rp250.000 : Rp25.000/2jam= 5 jam

    Rp625.000=24jam+5jam

    =29jam

    terimakasih

    • luffy berkata:

      no.8 benar , dia harus bayar denda 25.000/2jam, sedangkan dia bayar 250.000 untuk denda. Jadi, 250.000 : 25.000 = 10 x 2jam = 20jam 24jam = 44jam,, btw itu dpt 5 dri mana ?

  6. luffy berkata:

    oh iya ketinggalan, kalo misalkan mau dihitung denda per jam juga bisa, malah lebih simple begini : 25.000/2jam >> 12.500/jam. Jadi 250.000 : 12.500 = 20 24 = 44jam,,

  7. tya rohmatiani berkata:

    Mobil pak agus berjalan dengan kecepatan 40 km/s pada 5 detik pertama, kecepqtan mobil tersebut mencapai 100 km/s pada detik ke 6. Kecepatan rata* mobil pak agus adalah…

    Tolong di jawab y…

  8. jaka berkata:

    no 6 knapa dikurangi dengan harga TV..? kan bapaknya baru niat beli, belum membeli
    jadinya 2.700.000 – 230.000 = 2.470.000

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s