Selamat Ulangtaun, Al

Selamat ulangtauuun .. selamat ulangtauuun .. selamat ulangtaun aldilaaa .. selamat ulangtaun ..

Yeyeye. Alhamdulillah. Sesuatu. Tanggal tigasatu kemaren gue masih bisa bernafas, masih bisa makan soto, masih bisa menikmati hari pertama hidup di umur duapuluhtiga. Uwew. Tua banget lu, al?

DUAPULUHTIGA hanya sekedar angka. jiwa dan wajah gue masih muda😀

Apa keistimewaan ulangtaun?

Selain nambahin umur, ngelipatgandain dosa, dan ngingetin saldo pahala minim, ulangtaun banyak keistimewaannya. Yaitu sebagai hari pengingat bahwa kita pernah terlahir di dunia ini.

Duapuluhlima taun yang lalu mama dan papa melangsungkan pernikahan. Mendambakan segera punya anak adalah hal yang wajar. Walaupun sempat keguguran dan delapan bulan setelahnya janin yang merupakan cikal bakal jantung gue udah tertanam di rahim mama. Tepat dua tahun menanti akhirnya mereka mendapatkan gue, anaknya yang paling cantik dan paling banyak alasan kalo disuruh nyapu rumah.

Gue kadangkala bertanya, kenapa gue harus dilahirkan ke dunia ini? Kenapa bukan kakak gue yang sebelumnya udah ada di rahim mama? Jawabannya cuman Tuhan yang tau. Kalo seandainya kakak gue selamet dan dilahirkan, otomatis gue yang ga ada dan lu ga bakal inget kalo punya temen autis yang bernama aldilalala😀 Gue harus banyakbanyak bersyukur. Karena gue bisa ngerasain gimana senengnya remidi matematika, ketauan nyontek pas ujian, dan pernah nginjek tai ayam.

Soal jenis kelamin. Gue ditakdirkan sebagai perempuan, walau dulunya gue menentang abisabisan. Sudah melekat dalam benak tementemen bahwa gue adalah orang tomboi berambut cepak. Awalnya seperti itu. Karena gue mendambakan punya kakak lakilaki, ga kesampean, jadinya gue me-lakilaki-kan diri sendiri. Sampe akhirnya gue sadar, kalo pake rok itu menyenangkan. Sepoisepoi gimanaaa gitu ya😉

Ucapan selamat ulangtaun terlihat amat sepele, tapi dampaknya amat besar. Ucapan itu menurut gue dijadikan acuan seberapa baikkah kita sama orang, seberapa ingatkah orang sama kita, seberapa banyak pulsa yang tementemen lu punya tepat ketika hari lu ultah. Dari beratusratus temen fesbuk, yang ngucapin selamat ulangtaun ke gue dibawah 100 ekor. Tandanya?

  • Gue kurang eksis untuk jalanjalan di jagad maya
  • Gue kurang sering apdet status
  • Gue kurang banyak nge-like status orang
  • Gue selalu offline

 

Dari sekian banyak yang ngucapin selamat ulangtaun, gue paling anti ngeliat katakata HBD WUATB. Emang bener sih artinya bagus, Happy Birth Day Wish You All The Best. Tapi plis deh bro. Lu pake nomer hape jenis kartu yang biaya ngirimnya diitung dari setiap karakter? Ga jaman. Nulis “HBD WUATB” ama “Happy Birth Day Wish You All The Best” dan dikirim lewat ponsel juga ga memberikan perbedaan harga pulsa yang berarti. Juga intisari pengucapan yang lu kirim bernilai NOL BESAR. Apa artinya lu nulis ucapan tapi jenis ucapan yang lu kirim ga diterima dengan begitu spesial sama si penerima, karena lu ngirimnya MASAL. Coba deh lu ubah kebiasaan lu yang sering ngucapin ultah “HBD WUATB” dengan katakata yang lebih manis juga NYANTUMIN NAMA. Semisal,

Selamat ulangtaun aldilalala. Semoga Allah mengabulkan doadoamu. Doadoamu yang itu tuh, yang sering kamu panjatkan setiap bangun tidur dan keluar dari wc -> “Semoga hari ini saya dapat makan gratis”😀

Dengan pencantuman nama, meskipun temen fesbuk yang lu ga kenal pake nama alai dengan lima huruf konsonan berdekatan, maka si penerima pesan bakal seneng dan ngerasa spesial karena dia merasa diingat. Cuman merasa aja, kalo lu emang ga ingat yaaa .. MENDING GA USAH NGUCAPIN. Apalagi yang ngucapinnya TELAT. Bikin esmosi tingkat 120 derajat celcius.

Well. Ulangtaun semakin tambah usia semakin ga dirayain. Jangan percaya deh ama mama papa yang berniat ga ngerayain ulangtaun lu pas balita karena ga punya waktu dan cuman borosin anggaran keluarga. Karena kalo pas balita ga pernah dirayain, itu tandanya sampe mati pun ga bakal ada yang bikinin kue ulangtaun kepada lu. Kalo yang pas balita udah pernah dirayain, ada dua opsi nih, yang pertama: nanti sampe tua bakal tetep dirayain, yang kedua: jadi ga dirayain karena harga sembako makin tinggi. Its not bad. Seenggaknya lu tau gimana rasanya ulangtaunnya dirayain😉

Ada beberapa peristiwa yang selalu gue inget. Ketika kecil, pas papa punya uang, ulangtaun gue dirayain dengan ngundang beberapa tetangga. Seru ga? Ga tau juga. Gue kan masih kecil, gue ga bisa bedain seru dan ga seru. Gue cuman bisa bedain orang ganteng ama orang jelek😛

Nah. Ini ketika gue ngerayain ulangtaun pertama. Ulangtaun yang pertama, ga hanya gue, pasti lu juga, bakal ngerasain hal yang beda, spesial pake sate kambing. Karena pertama, maka tak akan bisa dilupain. Sama kayak pacar pertama, meskipun udah punya istri/ suami, pacar pertama ga bakal terlupakan. Hahaha😀

Nama lengkap gue pada saat lahir sampe umur dua tahunan yaitu aldila saqina putri. Ada yang unik dari nama tengah gue yang pake huruf Q. Tapi karena masalah kesehatan yang dikaitkaitkan dengan nama lengkap yang terlalu “berat” (gue enggak tau apa yang menjadi penyebab utamanya orang sering ganti nama karena terlalu berat, mending tanyain pak ustad aja deh), maka berubahlah nama saqina menjadi sakinah. Nama depan dan belakang masih tetep sampe saat ini. Tapi gue jadi risih ketika orang mengaitkan nama aldila dengan nike ardilla, gue disangkanya titisan beliau dan punya bakat nyanyi. Lawong menang lomba karaokean erte aja kagak, gimana punya album rekaman :O Lalu juga nama aldila yang dikaitkan dengan aldilla jelita istrinya indra bekti, well, gue harus mengakui bahwa wajah kami berdua sebelas-tigabelas😛 Dan juga nama aldila yang dikaitkan dengan fauzi badillah, ga perlu bohong lah, gue emang solmet-an ama dia. Iya kan cinta? Cupcupcupmuah *huek

Kalo papa ga punya uang, perayaan ulangtaun menjadi sangat sederhana dan sangat unik. Karena ngepas-ngepasin duit beli beras bulan ini, jadilah kuetar imitasi. Donat disusun piramid dengan wafer coklat bertaburan disekelilingnya (lengkap dengan bungkus plastik) juga lilin ulangtaun. Perayaan sederhana yang paling mendekatkan diri bersama keluarga. Soswiiiit.

Beranjak gede, alhamdulillah ya, selain bisa masak tempe-tempe-dan tempe mama semakin pinter masak kue. Udah bisa bikin brownies dan kue ban. Jadi ulangtaun kami (gue-eming-jana-papa) selalu dirayain dengan makan kue buatan mama dan sebagian dibawa ke sekolah untuk dijual kembali, eh, dibagibagikan kepada temen sekelas. Si catcat dan rido lah yang paling banyak mengahabiskan jajan buatan mama, sampe jatah gue juga diembatnya -.-a

Hadiah hadiah hadiah. Lu dapat hadiah apa al?

Gue ga mengharapkan apaapa di tahun ini. Karena 2012 udah sangat berharga buat gue. Udah lulus kulia, minggu depan wisuda, punya pacar baru, gue ga minta apaapa lagi selain KEBAHAGIAAN😀

Kado yang paling aneh yang gue terima, juga berasal di tahun ini. Gue sendiri enggak tau kenapa gue dikutuk untuk menerima kado semacam ini. Kadonya enggak jelek sih, enggak murah juga, tapi .. artinya itu loh menjlebjlebjlebkan hati.

Gue dapet seperangkat baju dalem, alias beha dan celdam. Warna ungu. Ada rendarendanya pula. Ajegile. Ini maksudnya apaaaaaaa? *tariktarik poni tariktarik gigi tariktarik becak*

Taun lalu yang dapet hadiah beginian adalah nini. Tementemen kosnya tega nyolong dalemannya dari jemuran dan membungkus rapi di dalem kertas kado warnawarni. Diberikan kepada si korban tanpa ada rasa bersalah. Gue ngetawatawain nini dengan sadis eh sekarang gue kena getahnya. Kenapa gue harus dapat kayak gitu juga? Kenapa cewek umur duapuluhan harus dikasih hadiah semacam itu? Ga perlu dikasih tau pun gue juga udah tau kalo bagian yang itu sudah tumbuh, meskipun datar -.-a Dengan label harga yang masih menempel pula. Uuuhh. Mahaaal.

Apa coba artinya? Aneh *seraya liak liuk berpose depan cermin, nyobain*

12 thoughts on “Selamat Ulangtaun, Al

  1. kabutpikir berkata:

    waaaaaw….. celana dalem!!!! akakakkakakak….
    mau bilang, “Happy Birthday, Bung Aldilah Sakinah Putri, semoga rejekinya tambah lancar, umurnya tambah barokah, kesehatannya tetap melimpah… amiiin. ”

    tapi udah telat ya!?

    gak jadi deh…

    • aldilalala berkata:

      aizzz. abang bandel *jitak pake palu* kuping jadi gatel ndenger hbd wuatb -.-a lah gue diajakin jalan dong bang biar bisa jalanjalan😀 hahaha

Tinggalkan Balasan

