Camilan Sehat

Hari ini, sama seperti harihari kemarin, papa lagi nggodok (baca: mengukus) sesuatu di dapur. Hhhmm. Baunyaaa. Ini makanan apa ya?

Jengjeng ..

Camilan istimewa duaribuduabelas. Pohong, telo, dan kacang godok.

Ga perlu beli camilan mahal di supermarket, beli aja di pasar ubiubian dan kacangkacangan. Selain menambah protein, juga menghemat pengeluaran bulanan, serta melancarkan buang angin. Ddduuuttt ..

Jujur. Gue enggak tau perbedaan pohong dan telo. Gue bahkan ga tau kalo keduanya berbeda malahan. Huahaha. Diberitau setengah mati ama mama, sampe papa memberitau cara untuk memanennya segala, gue tetep enggak ngerti. Ini berdua termasuk makanan jenis apa.

Menurut wikipedia:

  • Singkong, yang juga dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga EuphorbiaceaeUmbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.
  • Ini pohong -> 
  • Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi(karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
  • Ini telo -> 

Yang jelas pohon ataupun telo adalah camilan sehat. Tanpa formalin dan minyak jenuh. Asalkan jangan dimakan mentah, bisa mabuk darat keracunan tanah.

Temen gue, ayu, menjadi ratu telo. Kemanamana selalu nyari telo. Ga di kampus, ga di mall, ga di tempat wisata, ga di dalem angkot, dia selalu terbayangbayang lezatnya telo goreng. Sampe ngidamnya ama telo goreng, dijabanin pulang kampung tiap minggu biar bisa makan telo goreng yang dijual di warung sebelah rumahnya.

Gue sih lebih doyan kacang godok. Biasanya beli pada pedagang asongan di bis ato menjemput bakul kacang godok yang selalu stanby di alunalun. Enak polpolpol. Dibanding kripik balado ataupun pizza kentang.

Lebih enak lagi kalo buat sendiri. Karena sering kali kacang yang dijual dipasaran adalah kacang implan. Terlihat diluar gedegede montok gitu, tapi ketika dibuka eh kecil gitu, atos, kalo beruntung ya ga ada isinya😀 Kalo beli sendiri kacang mentah dipasar, bisa pilih yang gedegede, dikukus sendiri, lalu dimakanmakan sendiri. Pasti lebih enak :9

Well. Keluarga sehat dimulai dari makanan sehat. Mengkonsumsi banyak protein untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalo tidak dimulai sekarang, kapan lagi😉

Ayo makan tempe!

13 thoughts on “Camilan Sehat

    • aldilalala berkata:

      ooo. begitu ya. gue baru tau😀 ahaha~
      gue suka makan kacang soalnya pas kecil sering dilemparlemparin kacang, yaa .. mangap aja deh. eh keterusan sampe sekarang😀 wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s