Paper Toys 1

Wohoho. Origami sepertinya akan dinomerduakan dalam cerita berikut. Karena gue sekarang lagi demendemennya guntinggunting, lipetlipet, lemlem. Yang amat berbeda dengan origami yang hanya lipat dan lipat saja. Yaitu membuat paper toys. Kenapa dinamain paper toys ya? paper=kertas, toys=mainan, paper toys=mainan kertas. Sama aja deh kayaknya ama origami, kan samasama membuat mainan dari kertas. Iya toh?

Berhubung sekarang lagi liburan lebaran, daripada bingung ga kemanamana akibat udah kegedean badan yang berimbas ga dapet sangu, mending di rumah aja bikin mainan kertas sambil ngabisin kue lebaran. Ato kerja parttime di sekolah kanakkanak dan paud sambil ngecengin ibuibu muda dan mengenalkan mainan kertas bikinan lu.

Apa yang harus dipersiapkan terlebih dahulu?

  • Kertas
  • Gunting
  • Perekat

Kertas yang dipake diusahakan tebel, folio 80gram seperti yang gue pake ini boleh juga. Tambah sip kalo pake kertas dari buku gambar. Karena folio 80gram yang gue pake sering meleleh akibat lem kertas yang gue pake kebanyakan. Kalo pake kertas buku gambar, lemnya bukan lagi lem kertas ato lem kayu, tapi pake alteko ato kastol. Biar sip bro. Melekat erat, kuat dan sempurna😉

Jangan cobacoba pake triplek dan beton untuk mengganti bahan kertas, karena alat untuk memotongnya bukan lagi gunting, tapi pake gigi lu. Kalo lemnya abis, bisa pake nasi ato lontong sisa lebaran. Kalo mau juga bisa pake upil :O

Bagaimana cara membuatnya?

Dapet tutorial gratis nyolong dari database eming, inilah karyakarya paper toys gue dan silahkan didonlod kalo merasa tertantang untuk bikin yang lebih rapi dan lemnya kagak jembret kemanamana.

Gue pilih dari yang paling mudah cara ngebuatnya:

Burung

Sejauh ini sih nih burung bikinnya paling gampang. Kriteria kegampangan menurut gue adalah yang ga ngabisin kertas (cuman satu lembar), motongmotongnya cepet karena ga ada bentuk lengkung, dan lipetannya paling gampang. Jadi cepet banget bikinnya. Ga sampe lima menit lu udah punya burung sendiri yang ga bisa terbang :-S

Monster Gurita

Monster Ungu

Monster ini bisa ditumpuktumpuk hingga seratus tumpukan lebih dan ga jatuh. Coba aja kalo ga percaya!

Beruang Tedi

Agak susah sih. Tapi garagara ngeliat bola matanya yang so innocent jadi ngebuat gue berhasrat untuk ngebuatnya secepat mungkin. So cute gals! Gue enggak tau jenis kelaminnya karena dia tutupin anunya, jadi ga bisa ngintip😉

Makhluk yang seperti manusia

 

 

Aneh. Untung makhlukmakhluk ini ga tercipta secara nyata di dunia. Karena bisa nyaingin spiderman dan batman akibat kekuatannya yang mumpuni sakti mandraguna. Yang kakinya sepanjang tiang listrik, yang tangannya banyak mirip gurita, pake topi segala. Sejauh ini sih gue belum nemu tuh paper toys yang beradegan boker di kali ato ngupil lewat lubang telinga. Suatu saat akan gue coba membuatnya😀

Bolabola

Kesulitannya karena hampir sebagian besar mempunyai garis lengkung. Susah motongnya apalagi nempelinnya. Gue harus tunggu lima menit agar kertasnya bisa nempel secara sempurna baru gue lanjutin nempel yang disampingnya.

Llama

Yang udah jadi itu punya eming, yang teronggok tak berdaya dengan kepala terpenggal adalah punya gue. Susah men! Gue pikir gampang banget bikinnya, eh belum setengah perjalanan baru keliatan susahnya. Bagian yang ditempel banyak banget, mana gue pake kertas 80gram pula. Jadi ketika banyak bagian yang dilem, semua kertasnya pada loyo dan lunglai. Ga bisa ditempelin. Aarrgghh. Sempet terlintas pake upil untuk mempererat kekuatan lem, ah, pake iler saja mungkin lebih baik :O

Susahsusah mudah bukan? Mudahmudahan enggak susah

Nah. Coba tebak .. gambar kaktus dibawah ini merupakan pohon kaktus beneran apa cuman paper toys? Seperti nyata! Bagaimana cara membuatnya? Tunggu kisah selanjutnya😉

4 thoughts on “Paper Toys 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s