Tes Dinamika Kelompok

Kemarin gue dipanggil untuk ngikutin tahapan seleksi perbankan level keempat yaitu tes dinamika kelompok. Gue ga ngerti apa yang akan diteskan pada hari itu, jadi gue ga cari tipstips di internet tentang tes dinamika kelompok. Gue malah buka web perusahaan dan ngapalin produk dan layanan yang ditawarkan.

Ngomongngomong sendiri di depan kaca sambil ngupil dan diperetperetin ke tembok. Autis banget deh.

Setelah gue gugling, ternyata eh ternyata tes dinamika kelompok itu ..

Tokoh yang mempopulerkan istilah dinamika kelompok adalah Kurt lewin, yaitu mengacu pada apa yang terjadi dalam situasi kelompok. Lewin penganut psikologi gestalt . kelompok harus merupak sebuah gestalt, yaitu sebuah konfigurasi yang mempunyai sebuah system kesatuan yang tidak dapat dipahami jika hanya metupakan satuan .
Perilaku kelompok dapat dilihat dari interaksi karakter personal dan interaksi factor-faktor lingkungan.
Menurut kurt lewin , syarat dinamika kelompok ada 3 , yaitu :
  1. berawal dari level kelompok -> level individu
  2. focus pada variable-variabel yang ada pada saat ini
  3. mewakili kekuatan yang ada dalam situasi kelompok
Sedangkan menurut Cartwrigt dan zander 1968 dinamika kelompok merupakan bidang penelitian yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang kelaziman kelompok, hokum-hukum perkembangan dan hubungan dengan individu , kelompok lain dan institusi yang lenih besar.
Tau ga? Gue aja kagak paham tentang artikel diatas😛
Nah. Masuk pada tes yang pertama. Ternyata satu sesi itu cuman 7 orang aja yang dipanggil, dan gue dapet bagian jam 8. Dengan nomor urut satu –seperti biasa gue masuk bersama lima orang lainnya. Satu orang –yang entah bernama siapa, nyasar naek angkot ga sampesampe di tekape.
Tuh kan. Dibilangin juga apa. Kalo mau testes, sehari sebelumnya lu harus cari tau lokasinya, biar ga kelamaan di angkot. Kalo gini kan lu juga yang nyesel. Udah abis duit banyak buat naek angkot, lalu ga lolos tes dinamika kelompok bukan karena ditolak, tapi karena ga bisa ngejar waktu.
Pertanyaan pertama, berita apa yang paling apdet saat ini yang lu ketahui?
Asyeeem. Gue kemarin ga liat berita malah ngikutin resepsi pernikahannya anagng-ashanti. Haduduh. Gue ngomong apa nih? Mana gue yang ditanyain pertama pula.
Ga ada jalan buat keluar. Pengen lompat jendela, tapi mana jendelanyaaa .. Otak gue umup, panasnya hampir 200 derajat celcius. Dan terucaplah satu jawaban aneh dari gue .. yaitu JOKOWI.
Kenapa harus jokowiiiii :O *jambak rambut
Tips dan trik menjawab pertanyaan ini adalah .. JANGAN NGOMONGIN PARTAI POLITIK. Karena yang ngomongin partai politik dipastikan GA LOLOS.
Ga percaya? Ayo lanjut ke pertanyaan selanjutnya.
Isu bibit padi bermanfaat yang belum dijamah oleh pemerintah (dari koran), apa saran yang bisa lu kasih ke pemerintah?
Yang lain pada jawab: untuk peneliti belom dikasih insentif, penghargaan, fasilitas yang memadai, dan uang milyaran dolar. Sedangkan gue? Kenapa gue harus jawab transmigrasi dan pemerataan penduduk :O *haduduh .. no komen lah .. pusyang gue pusyaaang ..
Lalu tes selanjutnya yaitu .. menyusun puzzle secara kelompok. Teori menyusun puzzle yang seperti kita tau, dibuat dari ujung dulu baru ke tengah. Kenyataannya GA SESUAI. Teori kedua yaitu disusun dari tengah baru menyebar ke ujung, malah dikatakan SESAT.
Lalu apa jawabannya? Tauk dah. Pikir ajah sendiri😛
Kesimpulannya GUE GA LOLOS,  garagara ngomongin jokowi :-S Kenapa harus jokowiiiiii …

2 thoughts on “Tes Dinamika Kelompok

Tinggalkan Balasan

