Tentang Indonesia

Mengambil judul “tentang Indonesia” membuat gue sedikit khawatir. Ya. Gue emang berniat ikutan lomba juga kali ini. Tapi tiga taun lalu gue ngikutin lomba cerpen sains dengan judul yang sama, juara satu, tapi judul gue ga menjual untuk jadi judul buku yang diterbitin dari para juara lomba sains. Pihak panitia mengambil judul si pemenang kedua untuk dijadiin judul buku. Yaiyalah. Pake judul “tentang indonesia” mengindikasikan si penulis masih bersekolah di esde, KEKANAK-KANAKAN. Lalu udah tau gitu kenapa lu masih pake judul yang sama? Sukasuka gue dooong .. *jitak kepala lu

Biasanya di tipitipi sering banget mbahas halhal yang berbau INDONESIA BEYUUUD. Tapi mereka ga sedetail itu ngasih info bahwa indonesia loh kaya akan kebudayaan, baik yang bisa mengenalkan indonesia ataupun yang bisa mempermalukan keluarga, bangsa dan negara.

  1. Orkes Dangdut

Mana ada negara lain yang punya jenis aliran musik seperti ini? Cuman indonesia yang punya. Dangdut itu kreatif. Kreatif untuk mengaransemen ulang. Mulai dari lagu pop, rock, keroncong, ampe bertema agama, bisa dijadiin lagu dangdut. Dungtakdungdung dez! Lirikliriknya lebih bebas untuk mengekspresikan diri. Mulai dari iwak peyek yang menceritakan tentang makanan yang dimakan seharihari, lalu alamat palsu yang menceritakan tentang rumah yang belum terdaftar di BPS dan ga punya sertifikat tanah, dan juga bang toyib yang menceritakan suaminya pergi tanpa sebab lalu kawin lagi. Curcoool.

Sering kali dangdut diindikasikan sebagai lagu kampung yang murahan. Karena ga jarang yang demen nonton konser dangdut cuman dari orang desa. Lalu orang kotanya kemanaaa? Mereka lebih seneng dengerin jazz di restoran mahal dan lagu ngebit ga jelas di tempat dugem. Tapi tetep ajah lagu dangdut menjamur di indonesia. Itu berarti banyak orang desanya daripada orang kotanya? *bedah otak pengen tau jawabannya

Orkes dangdut identik banget dengan kerusuhan. Entah kenapa orangorang yang mental dan otaknya ga beres dibolehin nonton konser. Pulisinya manaaa kok ga bertindak -.-a Dan satu lagi, orkes dangdut selalu dikatakan sebagai tindak pornografi. Kok bisa? Dilihat dari bentuk penyanyinya, goyangan pantat dan dada yang menggebugebu, seringkali dianggap brutal kalo lagi nyawer pake ngrepegrepe ga jelas.

Helllooooo ..

Saatnya kita yang muda bangkit buat ngalahin pola pikir negatif tentang dangdut. Dangdut bisa kok ga joget seekstrim itu. Dangdut bisa kok bikin lirik yang ga bikin sensasi. Dangdut bisa kok go internasional ngalahin lady gaga. Digoyang baaang ..

  1. Hobi Menulis

Indonesia punya banyak pujangga hebat seperti WS Rendra dan Raditya Dika. Ga jarang banyak orang yang pengen terkenal seperti mereka, menghasilkan sebuah tulisan yang bagus. Saking ngebetnya nih orangorang .. nulisnya disegala tempat. Mulai dari bangku sekolah, toilet umum, sampe uang kertas gambar monyet juga dijadikan media tulis. Ga jarang di tempat pariwisata terkenal seperti gua dan air terjun, dapat lu saksikan sendiri disono .. banyak terdapat tulisan liar bagus. Seperti SITI LOPE BUDI POREPER, BUDI PERNAH KENCING DISINI, juga DIBUTUHKAN BAN SEREP HUBUNGI BENGKEL TERDEKAT.

Mulai pake pensil, tip-ex, cat tembok, sampe cat bulu ketek, semuanya dipake. Jaman teknologi kayak gini pake printer, mesin cetak dan mesin potokopi juga ga luput dari kekreatifitasan orang indonesia. Papan iklan ditempel sembarangan di pohon, pake paku permanen. Papan baliho sampe ditebang garagara ada pohon didepannya jadi ga keliatan *eh kebalik ya? Brosur disebar di perempatan jalan sampe kaca helm gue ga lagi transparan. Seluruh permukaan indonesia dipenuhi oleh tulisan. Kreatif sekali bukan😉 Kalo dijadiin novel pasti ngalahin panjang scriptnya cinta fitri.

  1. Makan nasi

Indonesia gituloh. Makanan pokoknya adalah nasi. Sarapan pake roti dan telur ceplok. Makan siang pake spageti dan pizza. Makan malam pake lima ekor gurame bakar. Tapi dibilangnya belom maem seharian. Karena KALO BELUM MAKAN NASI, BUKAN MAKAN NAMANYA. Trus apa dong namanya? Itu namanya cemilan😀

  1. Nyusur

Orang jaman dulu suka banget nyusur. Ituloh makanan yang terbuat dari sirih, jambe, gamping, dan dikunyahkunyah hingga bikin mulut merah. Katanya sih bisa bikin gigi kuat, saking kuatnya bisa ngunyah batu marmer. Tapi jaman sekarang udah dilarang nyusur. Karena kata dokter bisa bikin kanker. Gue kagak percaya. Buktinya orang dulu ga ada tuh yang mati karena kanker. Palingpaling ya mati kecemplung sumur, kalo ga gitu kena santet karena rebutan janda.

Beralih dari jaman tutur tinular ke jaman boyband, acara nyusur diganti menjadi ladang asap kereta api (baca: merokok). Karena harga terbakau yang masih terbilang murah, apalagi yang dijual dijalanan ga pake filter, anak teka aja udah ada yang nyobain. Orang indonesia jadi pabrik kereta api terbesar sedunia. Tuttuttut!

  1. Sambel

Hare gene ada orang ga suka pedes? Buang aja ke laut. Semuanya suka. Apalagi sambel. Kalo lagi makan ga ada sambelnya .. bagai baju tanpa kancing. Artinya? .. Kasih tau ga yaaa .. Pengen tau aja apah penge tau banget? *congkel mata sendiri. Yang jelas kalo makan rujak cabenya sepuluh. Meskipun abis maem langsung mencretmencret dan bikin pantat bernapas maju mundur, besoknya .. diulangi lagi .. beli rujak lagi dengan cabe dua kali lipat.

  1. Cowek

Cowek bukan singkatan dari cowok-cewek, tapi cowek masih satu spesies ama panci dan kompor gas. Semacam alat dapur dan biasanya buat nggiles bumbu. Dikenal juga sebagai cobek. Cowek amat sangat indonesia sekali. Tau kan bumbu nasi goreng? Emang apa al? Ya gitu deh .. garem, gula, bawang, dan paku. Enakan mana bumbunya kalo dialusin pake cowek ato pake blender ? Jelas enakan yang beli jadi langsung makan. Eh serius. Lebih enak yang diulek pake cowek. Meskipun bumbu yang dihaluskan pake blender lebih lembut, tapi ga ada taste-nya. Kurang gurih gimanaaa gitu. Kalo pake cowek beda lagi. Masakan bisa lebih sip dan mengalahkan chef terbaik di dunia, kalo pake cowek. Yaaa .. itu juga karena ketika mengulek pake cowek, ada setetes dua ratus tetes keringat yang ikutan turun ke dalam bumbu.

  1. Pager

Ga ada tempat lain di dunia ini yang rumahnya punya pager kayak di indonesia. Meskipun perumahan baru dengan rumahrumah minimalis menawarkan rumah terbuka dengan halaman terlihat lebih luas tanpa pager, tapi tetep aja si empunya rumah milih ngeluarin duit tambahan buat bikin pager. Keluarin duit banyak lebih mending daripada ntar kehilangan duit banyak. Apa karena di indonesia banyak malingnya yak? *maling kok nyari maling

Keindividualismean indonesia amat tinggi kalo diliat dari taun ke taun. Berapa juta orang mati garagara rebutan tanah akibat salah bangun pager kelewat satu sentimeter dari luas asli tanah. Rumah berhadaphadapan biar bisa saling menyapa malah dikasih pager tinggi ngelebihi tingginya pager penjara. Saking egoisnya, kuburan aja sampe dipageri gitu kok. Kan kasian .. sesama pocong dibatasi pergaulannya.

  1. Mistis

Indonesia masih kental dengan dunia misteri. Apa karena hantu indonesia terlalu banyak ya? Mulai pocong, kuntilanak, wewegombel, dan wendy cagur. Tempat wisata religi masih berkembang di indonesia. Dari yang berlisensi pemerintah sampe yang mengaku sebagai nabi, semuanya ada. Kalo minum air ini bisa panjang umur, kalo berdoa di tempat ini bisa dapet banyak rejeki, kalo sungkem ke keteknya mbah anu bakal cepet dapet jodoh. Percaya ga percaya .. yang jelas kita harus percaya bahwa sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa.

Nah. Segitu aja yang gue ulas tentang sesuatu yang berbau Indonesia beyuuud. Apapun tentang Indonesia, baik yang baik maupun yang buruk, mohon diterima dengan akal sehat meskipun  tengah sakit jiwa. Kalo yang baik bisa ditinggalkan dan yang buruk bisa ditingkatkan *eh kebalik ya? Berbanggalah kepada bangsa dan negara sendiri. Lindungilah karya dan budayanya. Salam satu jiwa .. INDONESIA.

Sumber: http://angingmammiri.org/lomba-blog-paling-indonesia/

One thought on “Tentang Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s