Cowok Distro

Kemaren malem gue bersama el malmingan di lapangan rampal. Bukan ngecengin tentara, juga bukan latian lari marathon untuk kejuaraan dunia, tapi untuk mengunjungi pameran distro KICKFEST.

KICKFEST 2012

Kickfest adalah singkatan dari Kreative Independent Clothing Kommunity Festival. Yang lagi diadain di Malang dari tanggal 1 ampe 3 juni. Wah. Pas banget nih panitia ngasih acara di hari penuh gaji, alias awal bulan. Strategi pemasaran yang ciamik abiz.

Ini adalah kedua kalinya gue ngunjungin kickfest. Dulu pas taun 2010 sama nini, cari baju berkerah v yang ada kancingnya, kayak model baju yang sering dipake olga syahputra. Pada jaman itu, model kayak begituan amat sangat booming. Bahkan garagara model itu banyak dicari dipasaran, para produsen celana malah ngebuat resleting pake kancing :O

pamflet KICKFEST 2010

pamflet KICKFEST 2011

distrodistro KICKFEST 2012

Gue ngelewatin kickfest taun 2011. Entah karena apa, gue lupa. Kayaknya sih garagara sibuk dan banyak hutang. Jadi agenda kickfest 2011 ga terjadwal dalam agenda gue😛 *pret

Lalu taun 2012 ini akhirnya kesampean juga ngunjungin Kickfest bareng el. Itu juga karena gue butuh kemeja untuk tes kerja rabu besok. Tes kerja apaan al? Bukannya lu udah jadi tentor? Yaa .. adalah .. sesuatu🙂 kapankapan aja gue ceritain yah.

Setelah berkelana sekian lama, gue dapet kemeja yang gue inginkan (walaupun sebenernya pengen beli lagi). El dapet dua baju titipan adeknya, kurang empat lagi seharusnya, tapi kami memutuskan untuk pulang karena kasian si tika sendirian di kosan, bobok bareng dedemit lamalama bisa menyebabkan kebotakan dini pada rambut ketek.

Baithewai. Lu tau ga sih apa yang disebut distro itu?

Distro, singkatan dari distribution store[1] atau distribution outlet,[2][3] adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesori yang dititipkan oleh pembuat pakaian, atau diproduksi sendiri. Distro umumnya merupakan industri kecil dan menengah (IKM) yang sandang dengan merk independen yang dikembangkan kalangan muda.[2] Produk yang dihasilkan oleh distro diusahakan untuk tidak diproduksi secara massal, agar mempertahankan sifat eksklusif suatu produk dan hasil kerajinan.[1]

Konsep distro berawal pada pertengahan 1990-an di Bandung.[1][4] Saat itu band-band independen di Bandung berusaha menjual merchandise mereka seperti CD/kaset, t-shirt, dan sticker selain di tempat mereka melakukan pertunjukan. Bentuk awal distro adalah usaha rumahan dan dibuat etalase dan rak untuk menjual t-shirt. Selain komunitas musik, akhirnya banyak komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual pakaian dan aksesori mereka. Kini, industri distro sudah berkembang, bahkan dianggap menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitas ekspor.[2][4] Pada tahun 2007 diperkirakan ada sekitar 700 unit usaha distro di Indonesia, dan 300 diantaranya ada di Bandung.[2][4]

Jaket Power Rangers. Tahan terhadap segala serangan peluru, api, angin, udara, hama, virus, dan bakteri.

Selain dapet baju setengah harga, gue juga puas manjain mata ngecengin cowokcowok distro yang berlalu lalang membawa banyak bungkusan plastik di tangannya. Setelah gue perhatiin, ada yang aneh dari cowok distro .. hhmm .. apanya ya .. yang jelas cowok distro itu beda ama cowok kebanyakan.

Ciriciri cowok distro:

1. Kurus

Enggak tau kenapa, kebanyakan cowok distro adalah yang punya tubuh ramping dan tumbuh ke atas dengan sangat cepat. Jarang banget ada cowok gendut dengan pantat selebar buldozer ikutan jadi anak distro. Kemungkinan besar adalah .. duitnya abis untuk beli barang distro, bukan pada makanan. Karena kan lu tau sendiri kalo barang distro pasti mahalmahal. Bisa dipastikan bahwa cowok distro berkompeten untuk terjangkit busung lapar :O

2. Memperhatiin merek

Kalo cewek, yang diperhatiin adalah modelnya. Kalo cowok, yang diperhatiin adalah mereknya. Kalo udah nemplok ama satu merek, ya merek itu aja yang bakal dibeli sampe mati. Karena kan cowok emang bertipe setia –setiap fakultas ada😀

3. KEREN

Point nomor tiga ini adalah mutlak! Ga peduli seberapa jelek, ga peduli walaupun ga pernah mandi, ga peduli rambutnya ga pernah dicuci, yang namanya cowok distro itu pasti KEREN. Kekerenan itu didapetin dari barang distroannya yang aptudet dan modern. Coba aja deh bandingin ama cowok ganteng yang pake baju obralan beli di pasar besar. Pasti kalah saingan.

Cowok distro yang gue tau adalah EMING. Mama kasih uang saku untuk bertahan hidup di malang, sama rata ama gue. Enggak adil emang, seharusnya gue dapat jatah yang paling banyak karena gue yang paling besar. Tapi eming juga seharusnya dapat lebih banyak karena dia lebih tinggi. Membingungkan juga. Gapapa lah disyukuri aja, daripada ga apet apaapa.

Karena uang saku yang ngepas inilah gue selalu cari penghasilan sampingan kayak ngelesi jadi tentor, ikut lomba cerpen dan agustusan di erte se-malang raya. Tapi duit yang terkumpul itu selalu aja abis dan ga ada sisa untuk ditabung. Gue bingung nih duit larinya kemana?

Usut punya usut, duit gue lari ke makanan. Yup. Gue seneng banget jajan. Bukan ngemil cokelat dan keripik. Tapi ngemil nasi porsi kuli, gue juga bisa makan tujuh kali sehari. Itu yang ngebuat gue boros tapi tetep ga ngaruh di badan. GUE TETEP KURUS DAN GUE TETEP CACINGAN.

Beda ama eming, duitnya abis garagara beli baju distro. Entah kaos, jaket, celana, beli di pasar loh bisa dapet banyak, tapi dia belinya di distro. MAHAL. Makanya duitnya cepet abis. Ga bisa bayangin deh kalo dia punya outlet distro, pasti ga ada yang dijual, karena dipakepake sendiri😀

Jaket kodok ngorek. Menyala dalam gelap. Membaur dengan sawah. Dan bisa menghasilkan suara ‘teotteotteblung’

Tapi bro. Jadi cowok distro selain keren juga ada kelemahannya juga loh:

1. Ngincer pangkat

Cewekcewek yang deket ama lu pasti ada maunya. Kemungkinan kecil aja yang mencintai lu setulus hati. Sisanya? Mereka seneng dengan pangkat yang lu sandang, ‘cowok distro’. Kalo pamer ke tementemennya kan ngebuat cewekcewek ini bangga karena cowoknya aptudet penampilan. Kebanyakan cintanya cinta palsu.

2. Pengaruh narkoba

Ga bisa dipungkiri kalo cowok distro sukanya nongkrong di tempattempat elite, dan ga pandang temen juga, kalo temennya pake narkoba bisabisa lu kena juga. Pengaruh temen luar biasa men. Dari anak cupu bisa jadi cowok keren borjuis. Dari cowok yang LAKI, bisa jadi BANCI. Semua kembali ke individu masingmasing, apakah lu bisa tahan dengan semua pengaruh negatif di sekitar lu. Atiati aja guys.

Tanggal 3 ini adalah hari terakhir KICKFEST Malang. Sok atuh pergi kesono. Buat cewekcewek jangan lupa ajak cowok distro, biar ada yang bayarin belanjaan lu😉 Selamat berbelanja!

4 thoughts on “Cowok Distro

Tinggalkan Balasan

