SKRIPSI *pembahasan

Well. Akhir dari penderitaan sidang skripsi gue yang selalu ditunda dan diundur (baca: Speecless) membuahkan hasil, yaitu sebuah keputusan sidang yang diadakan hari selasa tanggal 22 mei 2012. Tapi, yang seharusnya dimulai jam sembilan, harus maju jadi jam setengah delapan. Pemberitahuan mendadak lewat sms oleh dosbing gue. Untung aja gue pas ntuh udah berangkat ke perantauan naek unta.

Unta kan jalannya pelan, kapan nyampenya? Ih jangan asal deh. Unta gue jalannya cepet. Masih jalan aja udah cepet, apalagi kalo lari. Bbeehh .. kecepatannya melebihi kecepatan cahaya :O

Gue siap dan udah antisipasi halhal aneh dari sidang skripsi yang dibatalkan kemarin, yaitu ..

gue bawa dua pasang sepatu. Ajegile kemaren gue pake sepatu hak jalan kaki dari kosan ke kampus, sampe lecetlecet gitu, kasian kulit gue berubah jadi sisik buaya. Maka dari itu gue ga mau melukai kaki gue untuk yang kesekian kali, akhirnya gue pake sepatu flat dan nyimpen sepatu hak di tas😀 Kali aja ada yang ga bawa sepatu, sepatu pinjeman ntuh bisa gue sewain ke tementemen.

Tips aman untuk menjalani sidang skripsi agar berjalan lancar:

1. Mandi pagi sebelum subuh

Selain karena mata langsung melek karena kedinginan, juga melatih otototot yang kejang. Pemanasan dini lah. Biasanya kan kalo lu lagi degdegan gitu tang-jidat-ketek jadi adem-panas ga karuan. Jadi pemanasannya itu dengan cara diademin dulu pake air. Lebih mantep pula kalo lu berendam pake air es kayak orang eskimo.

2. Sarapan pecel

Harus pecel, kalo ga makan pecel nanti ga bisa lulus :O *promosiyanganeh

3. Berangkat lebih awal

Persiapan mahasiswa bisa dilihat dari seberapa waktu yang ia punyai. Lima belas menit sebelum sidang dimulai: persiapan lcd, bahan presentasi, dan nyiapin mental juga. Tiga puluh menit sebelum sidang dimulai: bantuin pak syamu bersiin gedung matematika sambil ngelap seluruh kaca. Karena selain menerapkan moto ‘kebersihan sebagian dari iman’ juga lu bakal dapet pahala. Satu jam sebelum sidang skripsi: ngemper di depan gedung, karena pintu belom dibuka. Jangan kepagian beib, karena bisabisa lu disangka maling mau nyuri pelpelan kampus.

4. Menjemput bola

Jangan diem aja di ruangan, nungguin dosen. Iya kalo dosennya inget, kalo enggak gimana? Ato yang lebih parah lagi kalo dosennya amnesia, ga inget ama skripsi lu dan liburan ke luar negeri selama enam bulan :O bisa karatan lu disono. Maka cara teraman adalah menjemput mereka. Dijemput satusatu. Lebih enak kalo dijemputnya pake unta milik gue. Masalah biaya aman aja, yang penting lu bisa sidang sekarang juga.

5. Jawab seadanya

Ketika sidang dimulai, usahakan presentasi lu jangan ribetribet. Cukup 10 slide dan sisanya bisa lu terangin sendiri. Lebih bagus lagi ga usah baca buku. Biar dosen menganggap lu anak pinter yang bisa menghapal di luar kepala. Tapi juga jangan merem. Kan ada tuh sebagian dari lu bisa inget kalo merem sambil ngomong. DILARANG melakukan hal seperti itu. Karena dosen bakal tersinggung. Dikiranya lu ketemu setan ga berani liat sambil merapal matra pengusir.

Namanya juga sidang, disini lu bakal dikejar pertanyaanpertanyaan aneh sampe lu menthok bilang ‘maaf pak saya tidak tau’. Bolehboleh aja bilang ga tau, toh emang kita ga tau. Ngeles seperlunya. Jangan semua pertanyaan lu jawab dengan ngeles.

Penguji : tidak bisa seperti itu, kamu dapat referensi dari mana?

Lu : hhmm .. dari hatimuuu *senyummanja

Hah. Dipastikan ga lulus deh. Tapi juga kalo bilang ga bisa, jangan pada pertanyaan pertama. Karena itu tandanya lu kalah sebelum berperang. Ya setidaknya pada pertanyaan ke seratus, baru lu boleh bilang ‘ga bisa’.

6. Meng-iya-kan saran

Ini sidang, bukan acara diskusi. Kalo dikasih saran, jangan dibantah. Apalagi sampe adu mulut. Enggak jaman bos. Lu harus berpikir dengan intelegensi yang tinggi, semua saran harus lu catet, jangan cuma meng-iya-kan doang.

7. Jangan bawa ‘sesuatu’

Bukan berarti ‘sesuatu’ dalam hal ini adalah ‘anu’ punya lu. Bukaaan. Jangan ngeres deh:/ ‘Sesuatu’ disini adalah sesuatu yang digunakan untuk menyuap dosen. SENDOK, GARPU, GAYUNG, dan sejenisnya.

Mas willy taun lalu membawa tiga kotak nasi padang untuk dosendosennya, dengan jalan agar dilancarkan sidang skripsinya.

Itu ga bener, kawan. Karena .. NASI PADANG GA LEVEL BUAT DOSEN. Kurang mahaaal. Kalo bisa kasih MOBIL satusatu😀

Untung aja di matematika emaang ada undangundang pelarangan mahasiswa membawa ‘sesuatu’ untuk dosen ketika hari-H. Dengan kata lain, boleh membawa ‘sesuatu’ hari H+ ato H-. Lebih bijaksana lagi kalo lu ngasihnya pas nilai skripsi udah keluar. Karena berarti ‘sesuatu’ yang lu bawa bukan alat suap, namun dianggap sebagai tanda terima kasih.

Nah. Mudah bukan menjalani sidang skripsi dengan baik dan benar? Ga perlu degdegan hingga ngebuat rusuk lu jebol karena kuatnya degupan jantung lu yang stres menghadapi sidang. Juga jangan terlalu santai seakanakan lu bakalan masuk surga selamanya. Yang namanya hidup itu tinggal dijalani aja. Sama halnya dengan skripsi. Kalo lulus ya alhamdulillah, bersyukur sangat. Kalo ga lulus ya .. IDL .. itu derita lo!

Gimana dengan aldilalala?😀

Cuma bisa cengarcengir ketika dosen bilan gue lulus, tapi ga tau dapet nilai apa. Dapet C pun gue udah bersyukur. Karena gue enggak mau lagi mikir dua kali untuk skripsi. Cukup. Satu kali aja udah ngebuat kepala gue retak sebelah.

ekspresi kelulusan sidang skripsi

Tapi perjuangan belom berenti sampe disini. Karena gue dinyatakan harus REVISI dan GANTI JUDUL. Bayangkan! Ganti judul! Dengan kata lain gue kudu ngerubah tujuan skripsi gue. Ah. Mau abis berapa lembar lagi ini ?-? mana judul gue yang udah gue anggap sebagai JUDUL SEMPURNA YANG TERBAIK DI SELURUH DUNIA FANA eh .. harus diganti.

One thought on “SKRIPSI *pembahasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s