Dongeng .. Tapi

Gue suka baca buku dongeng. Ketika esde gue sempet pinjem buku dongeng bagus tapi enggak sempet ngapalin judulnya karena emang ga pinter nginget sesuatu 😀

Malem ini mas willy punya permintaan aneh, pengen didongenin sebelum tidur. Karena gue cuman apal dongeng ‘gadis berkerudung merah’ dalam versi bertarung smekdon dengan serigala, ya gue ceritain yang bagian itu aje.

Gue pun tersadar. Oh NO! Gue ini kan orang indonesia, masak sih ga apal dengan dongeng nusantara sendiri, yang kita kenal sebagai LEGENDA. Gue pun sercing dan menemukan banyak dongeng yang mustinya SEMUA MAHASISWA TANPA TERKECUALI harus hapal dengan dongeng legenda nusantara. Patut dan layak jika ditambahkan ke dalam daftar pertanyaan ketika sidang skripsi.

Judul dongeng yang gue baca kali ini adalah .. Legenda Kamandaka Si Lutung Kasarung

Cerita ini adalah versil lain dari Lutung Kasarung yang banyak didengar di daerah Sunda. Cerita Lutung Kasarung ini merupakan cerita versi Pasir Luhur. Tidaklah penting mana yang benar antara kedua versi tersebut, yang jelas, cerita-cerita ini untuk menghibur dan dipetik pelajarannya.

Sengaja enggak gue kopipaste secara utuh dalem blog gue, karena panjaaaaang banget ceritanya dan mbuleeeeet bangeeeeeeet sinopsisnya.

Udah lu baca belom ceritanya? Kok belom sih, ayo dong dibaca dulu ampe abis, baru deh ikutin cerita gue selanjutnya.

Nah. Setelah gue dan lu juga selesai baca, ada yang lu tanyai ga? Ga ada? kalo gitu gantian gue yang tanya ya 🙂

Tuh legenda kok rada aneh ya? Perasaan legenda ntuh ga sembulet itu deh. Ngelamar cewek ajah pake ngerubah diri  jadi lutung. Apalagi anaknya siapa jadi anaknya siapa, kayak sinetron ajah. Emangnya itu sinetron putri yang ditukar edisi jaman lampau?

Coba deh samain ama cerita versi yang ini -> Lutung Kasarung

Anak esde juga pasti tau mana yang lebih bagus dan mana yang lebih masuk akal. Kalo lu milih yang mana?

Yang patut diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat adalah ..

Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah, maka legenda harus dibersihkan terlebih dahulu bagian-bagiannya dari yang mengandung sifat-sifat folklor Menurut Pudentia[rujukan?], legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite. Dalam KBBI 2005,[1] legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah. Menurut Emeis[rujukan?], legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan. Menurut William R. Bascom[rujukan?], legenda adalah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Menurut Hooykaas,[rujukan?] legenda adalah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian.

Hingga ..

Lutung Kasarung (artinya Lutung yang Tersesat) adalah cerita pantun yang mengisahkan legenda masyarakat Sunda tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah (Bumi) dalam wujud seekor lutung (sejenis monyet). Dalam perjalanannya di Bumi, sang lutung bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang. Lutung Kasarung adalah seekor mahkluk yang buruk rupa. Pada akhirnya ia berubah menjadi pangeran dan mengawini Purbasari, dan mereka memerintah Kerajaan Pasir Batang dan Kerajaan Cupu Mandala Ayu bersama-sama.

Cerita pantun Lutung Kasarung dijadikan bahan disertasi oleh F. S. Eringa yang dibukukan pada tahun 1949.

Gue rasa indonesia harusnya memiliki DEFINISI tentang legenda itu sendiri. Legenda dimanapun juga ga peduli asal muasal, suku bangsa, dan yang lainnya. Yang indonesia perluin hanyalah penyatuan suara tentang asal usul legenda tersebut. Karena kalo terjadi berbagai macam versi, akan menyusahkan anak cucu kita karena kebingungan. Apalagi mamah papahnya yang akan terus ditanyain .. loh kok gitu ma? kok beda ama cerita di sekolah? kata guruku ga gituuuu? pokoknya kakak pengen punya adek lagi?!

Repot kan?

Lawong penyatuan halhal yang lainnya, semisal bahasa persatuan, udah diwujudkan dalam undangundang. Nah, cerita rakyat begini ini seharusnya juga perlu diundangundangin. Biar ga disalah gunakan, biar ga dibelokkan ceritanya, biar ga diambil negeri tetangga, hingga melestarikan legenda indonesia itu sendiri.

Salam Budaya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s