SKRIPSI *pendahuluan

Ngerjain skripsi itu kayak cari pacar. Butuh proses. Ga mainmain. Bukan seperti taaruf yang langsung ‘dor’ langsung nikah. Bukan seperti arisan, yang tibatiba dateng, tibatiba menang. Bedaaa. Skripsi itu ga seinstan yang lu bayangin. Bisa juga sih lu beli skripsi jadi. Tapi bahayanya men .. bintilan seumur hidup! Yakinlah sumpah. Gimana ga dosa coba? Duit mama papa yang halah berubah jadi haram karena lu membuangnya tanpa usaha. Ngerjain skripsi butuh usaha bro.

Setidaknya lu bisa tau gimana rasanya nungguin dosen selama enam jam, tapi dosennya ga datengdateng. Lalu janjian di keesokan harinya, pas ketemu malah dimarahi habishabisan karena ga bisa jawab pertanyaan. Lalu disuruh revisi siang ini juga. Kelimpungan cari pinjeman leptop dan printer. Sampe utang kertas garagara pas mau beli, stok di toko udah abis. Belom lagi usaha ketika malemmalem tengah ngerjain revisi, ketika laper melanda. Biyuuuh. Usahanya bro .. usahanya yang dinilai. Bukan hanya hasilnya.

Nah. Disini gue akan membagi tips buat lu yang masih semester muda, yang belom kepikiran mau buat skripsi model apa, sampe yang udah semester tua yang belum luluslulus hingga sekarang (mahasiswa abadi) yang masih bingung cara nyantet dosen biar setuju ama skripsi lu.

Seperti yang gue omongin di paragraf atas bahwa ngerjain skripsi itu kayak cari pacar. Bukti yang pertama adalah:

1. Pandangan pertama
Gimana rasanya ketika memandangnya waktu pertama kali bertemu? Adakah sesuatu yang berdesirdesir di dalem hati? Adakah kupukupu yang menghinggapi perut lu? Ataukah tidak ada respon sama sekali?

Sama seperti skripsi. Lu kudu cari judul, seenggaknya tema deh yang paling gampang, berdasarkan pandangan pertama. Lu kudu cari rujukan, entah di perpus, di internet, di kolong jembatan, di wc, terserah, yang penting lu punya tempat dimana lu bisa nemuin inspirasi (dan jangan di kamar gue).

Pertama kali dapet inspirasi judul, lihat baikbaik, pandang lekatlekat, kalo perlu pelototi! Jika lu menemukan kejanggalan, misalkan lu langsung pusing, mualmual, muntah, diare, flu, deman, hingga kejangkejang .. maka segera periksa ke dokter dan buanglah judul skripsi lu ke tempat sampah.

Karena itu tandanya, lu ga suka ama judul itu. Kurang sreg, kurang bagus, kurang seksi, kurang garem, maka dari itu lu perlu cari judul yang lain. Yang pasti judul dan tema tersebut harus lu sukai.

Sama seperti cari pacar, kalo dari pandangan pertama aja dapet respon plus menumbuhkan getargetar cinta .. maka perjuangan harus dilanjutkan!

Gue udah tiga kali ganti judul skripsi😀 ababil beyud dah. Awalnya gue kepikiran mas willy yang orang elektro, maka judul skripsi gue pada awalnya yang gue buat pengajuan judul di seminar skripsi ..

Metode Variabel Terpisah untuk Menyelesaikan Persamaan Gelombang Elektromagnet

Dan gagal. Karena judul ntuh gue karangkarang sendiri, ga ada sumber rujukan yang terpercaya pula. Entahlah gue dapet ilham darimana, mungkin gue ambil dari personil SM*SH😉

Walaupun judul pertama ini ancurancuran. Tapi gue berhasil lulus seminar proposal dan dapet pembimbing dosen favorit *gulinguling keliling tempat parkir

Tau ga? Gue tuh ikutan seminar proposal di semester enam, bulan april tahun 2011. Tapi benarbenar gue kerjain ketika di semester delapan, bulan januari taun 2012. Awesome banget dah pokoknya. Gue hampir lupa bahwa gue harus ngerjain skripsi. Garagara kesibukan nyontek pe’er yang berkelanjutan tiada henti.

Tapi sebenernya di bulan september taun 2011, gue ngajuin judul baru ke bapak dosen. Judulnya yaitu ..

Half-Linear

Ciamik abis dah. Cuma dua kata. Sistematis, efektif, dan sangat membingungkan. Lu tau kan bahwa di persamaan diferensial cuman ada yang linier dan tak linier, nah disini gue dapet dari jurnal bahwa ada yang namanya setengah linier. Apaapa yang berbau setengah .. entah setengah dewa, setengah alien, setengah matang, setengah telanjang .. pasti sangat menarik untuk dikaji. Betul tidak?

Dan akhirnya .. garagara gue bertapa di perpus selama seminggu, makan kembang tujuh rupa tiga piring, mandi di kali deket gedung kimia, dan ga ngepup selama dua minggu .. inspirasi itu datang! Judul gue yang fix dan disahkan oleh kedua dosen pembimbing (bahkan sudah mendapat persetujuan dari dosen penguji) .. judulnya adalah ..

Metode Lyapunov untuk Menentukan Kestabilan Sistem Persamaan Lorenz

2. Pedekate hingga masamasa pacaran

Pendekatan itu jelas. Di bagian inilah usaha kita diuji. Apakah si dia cinta juga ama kita, ataukah kita bakalan ditolak mentahmentah. Apakah camer juga mau mengambil mantu seperti lu apa enggak -(yang ngupil dan kentut sembarangan) .

Sama kayak skripsi. Seberapa besar usaha lu untuk menaklukannya agar dia berpihak kepadamu. Seberapa besar usaha lu untuk pendekatan ke dosen pembimbing sekaligus dosen penguji biar dapet nilai bagus. Semua usaha diperhitungkan. Dan nilai yang di dapatkan adalah hasil dari kalkulasi semua usaha yang kita keluarkan lewat keringat, darah, dan pipis.

3. Lamaran

Kalo kita udah sreg ama pacar kita, maka segeralah untuk meminangnya. Ciee. Sebelum dia diambil orang dari planet sebelah. Tapi yang namanya meminang juga butuh usaha. Ga hanya bilang “will you marry me?”, tapi juga kudu siap untuk membiayai keluarga dan anak. Udah punya pekerjaan belom? Udah punya rumah belom? Udah punya mobil belom? Udah punya sawah belom? Udah punya sim-C belom?

Sama seperti skripsi. Kalo lu ngajuin mau sidang semester ini maka lu juga harus punya persiapan matang. Ga hanya modal laporan aja. Tapi isinya harus lu pahami secara mendalam agar ketika ditanyai penguji lu bisa ngeles, eh, bisa menjawabnya dengan baik dan benar.

Tanggal 26 april kemarin adalah deadline pengumpulan laporan. Sidang skripsi dimulai tanggal 14 mei besok. Gue udah tau jadwal dan penguji, tapi .. rahasia😉 Kalo gue ungkapi disini mah ntar lu pergi ke rumah bapaknya dan njeleknjelekin gue biar gue lulusnya bareng lu. Ga seru ah! Ntar lu pada nontonin gue pas lagi sidang. Enggak mau ah .. emang gue apa’an😛 *tapi kalo dilemparin kacang juga gue pasti langsung mangap

4. Nikah .. ihir

.. prememori ..

Ga gue bahas yang nomor empat, karena gue belom tau rasanya nikah😀 hehehe

Nih naskah (bukan cerpen, tapi novel skripsi) yang gue kumpulin kemarin kepada tiga dosen tercinta *bonus pembatas buku cintah (kali aja ntar pas sidang gue dikasih limpahan cinta dari beliaubeliau😀 ) [baca: Manfaat termometer cintah]

Meskipun belom sidang, apalagi belom tau akhirnya gue lulus apa enggak. Tapi gue mau nampilin abstrak yang gue buat, plus abstract yang khusus ditranslit oleh tante setya yang baik hati dan tidak sombong serta suka menabung, tapi minta bayaran bakso untuk mengganti translitnya ini:/ *sama aja boong

Donlod -> ABSTRAK ALDILALALA

ABSTRAK

 Putri, Aldila Sakinah. 2012. Metode Lyapunov untuk Menentukan Kestabilan Sistem Persamaan Lorenz. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D, Pembimbing (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si

ABSTRACT

 Putri, Aldila Sakinah. 2012. Lyapunov Method for Determining the Stability of Lorenz Equation System. Skripsi. Mathematic Department, Mathematical and Natural Sciences,University of Malang. Guide lector (I) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D. Guide lector (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si

Semoga gue lulus uas, ga perlu espe untuk ngulang (lagi) matakulia struktur aljabar 2. Semoga gue lulus sidang dengan hasil yang memuaskan. Semoga gue naik jabatan di kantor. Semoga gue cepet nikah, punya anak, dan jadi gendut. Amin. Doakan gue ya ..

One thought on “SKRIPSI *pendahuluan

Tinggalkan Balasan

