Lamaran Pekerjaan

Mahasiswa semester tua gini selain sibuk skripsi, nyontek tugas, dan pacaran, juga sibuk liatin mading untuk cari lowongan pekerjaan. Kadangkala saking sibuknya nongkrong di wese, seringkali malah ketinggalan informasi karena lowongan pekerjaan yang tertempel di mading udah outofdate alias wes ndak payu. Nah disini adalah catatan khusus buat pepeka (para pencari kerja), gimana caranya melamar kekasih, eh, melamar pekerjaan. Dan sukses mendapatkan pekerjaan. Cekidot.

Pertama. Mandi dulu sebelum berangkat ke kampus.
Ya harus lah. Kalo lu berangkat ke kampus tanpa mandi telebih dahulu bisa dipastikan banyak orang disepanjang jalan yang ngeliatin lu, karena lu baunya mirip shaun the sheep.

Kedua. Pastikan tau arah dan tujuan.
Kalo tujuannya cari lamaran pekerjaan jangan mampir ke matos, karena disana hanya ada tulisan gede bertuliskan diskon 70%. Jadi mampirnya ke kampus. Bisa kampus sendiri, bisa kampus orang, bisa kampus dalem kota, bisa kampus luar kota, asal jangan kampus luar angkasa aja, karena lu harus bawa penerjemah bahasa alien.

Ketiga. Baca mading, jangan baca koran entertaimen.
Ya baca aja, jangan liat gue😛 Jangan lupa dicatet apaapa yang ada di dalemnya.

Seperti gue yang baru aja tau ada lowongan pekerjaan yang tepat buat anak matematika, ya apalagi, jadi tentor bimbel. Dulu sih pernah jadi tentor privat dari bimbel punya temen sendiri, tapi yg kali ini beda, bimbelnya lebih besar. PR*MAGAMA, lembaga bimbingan terpercaya dan terbesar di Indonesia. Gue liat tanggal 20 dan deadlinenya tanggal 23. Kurang ketinggalan informasi apa coba gue?!

Keempat. Apa yang harus disiapkan?
1. surat lamaran pekerjaan, bukan surat lamaran kekasih
2. CV ato biodata diri, bukan biodata orangtua
3. ijazah, transkrip nilai ato fotocopi khs, bukan raport esde
4. fotocopi sertifikat dan piagam penghargaan, bukan surat utangpiutang
5. pas foto 4×6 2lembar, inget, pas foto, jadi harus pas, jadi jangan foto di bagian tubuh yg menonjol aja. Saran : potonya jangan pake kaos ntar dimarahin, pake hem kain berkerah *pengalaman pribadi

Nah, bagi lu lu yang enggak tau gimana cara buat CV ato bingung di dalem CV apa perlu dimasukin item hobi dan daftar nama mantan pacar, ini gue ada contohcontoh CV dan surat lamaran yang bisa didonlod. Biar lu lu semua (seenggaknya) lolos tes pertama dari serangkaian tes yang harus diikuti. Cekidot.

Ada beberapa saran yang penting diketahui oleh pepeka dalam membuat CV -yg gue baca di salah satu majalah kampus UB- yang sangat menarik untuk diikuti, karena sarannya amat sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara.

*DARI SEGI ISI

JANGAN FOKUS PADA JOB DESCRIPTION, TAPI ARCHIEVEMENT
Semua orang bisa ngelakui pekerjaan yang sama, namun hanya sedikit yang dapat ngelakuinnya dengan lebih baik dan sukses. Yang penting adalah nunjukin keberhasilan yang telah lu capai, contohnya “berhasil menyelesaikan masalah A .. atay meningkatkan penjualan sebanyak X% .. atau menyelesaikan tugas dengan waktu seminim mungkin selama X minggu”

SATU HALAMAN SAJA
Tujuan utama menulis CV adalah untuk dapetin panggilan wawancara. Jadi pastikan lu hanya nampilin poinpoin penting yang lu anggap “ASET” terbaik lu. Dan jika si calon employer ngerasa ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, itulah gunanya sesi wawancara, bukan?

URUTKAN PEKERJAAN DAN PENDIDIKAN DARI YANG PALING BARU
Bukan pekerjaan dan pendidikan yang paling lama. Si pembaca CV akan ngira ada sesuatu yang ditutuptutupi apabila lu ngurutin mulai dari pekerjaan yang paling awal.

GUNAKAN EMAIL ADDRESS YANG HANYA BERISI NAMA ATAU INISIAL SAJA
Lu hanya boleh gunain email address seperti aldilalalasexybeyud@yahoo.com diantara tementemen lu aja, ga untuk di dunia kerja. Ini dapat memberikan kesan ga serius dan kurang profesional.

CEK ULANG SETIAP KATA SEBELUM DIKIRIM
Lu ga mau ada kata atau ejaan yang salah. Minta orang lain ngebaca ulang CV lu. CV yang terdapat banyak salah ketik akan secara otomatis ninggalin kesan yang ga baik. Jika lu aja ga dapat memperhatiin hal sekecil itu, bagaimana lu bisa dipercaya untuk ngelakuin hal yang lebih besar lagi?

*DARI SEGI DESAIN

GUNAKAN FONTFONT YANG TEGAS
seperti Arial, Times New Roman, Georgia, Verdana, atau Geneva. Jangan gunain ComicSans! Ukuran font yang standart adalah 12 points, dengan ukuran font yang lebih besar untuk heading dan subheading. Walaupun begitu, beberapa riset membuktikan bahwa ukuran font yang leboh kecil (10 points) dianggap lebih intelektual!

JUDUL
Hari gene .. CV jangan ngasih judul “Curriculum Vitae” or “Resume”. Karena boring dan jadul beyuuud. Mulai CV dengan nama lu -dan hanya nama lu aja- dengan format bold dan ukuran font yang besar dan proporsional sebelum lu menuliskan semua detail informasi.

HEADING/ SECTION
Sangat penting bagi CV lu untuk mudah dibaca dengan cepat, karena itu perlu dibagi ke dalam bagianbagian yang jelas. Karena bisa, gunakan garisgaris pembatas atau elemenelemen grafis.

BULLET POINTING
Di dunia yang serba cepat seperti sekarang, seorang recruiter ga punya banyak waktu lagi untuk membaca blok paragrafparagraf yang panjang, berteletele dan melelahkan. Mereka hanya perlu informasiinformasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Karena itulah fitur bullet atau penomoran sangat berguna.

DON’T OVERUSE
Jangan gunain huruf besar, bold, italics, underlines, or fiturfitur penekanan lainnya secara berlebihan. Sekali lagi, keep it simple. Sisakan juga banyak ruang kosong di sekitar teks untuk membuat CV lu gampang dibaca.

Nah. Banyak ilmu yang lu dapetin kan dengan ngebaca artikel diatas? Gue juga bulan lalu baru tau hal itu. Ahaha~

Contoh CV si eming yang buatnya pake perpaduan coreldraw+photoshop+ilustrator

Contoh CV dan surat lamaran gue yang udah gue kirimkan ke salah satu bimbingan belajar terbesar dan terpercaya di Indonesia🙂

silahkan donlod –> CV dan SURAT LAMARAN

Lalu gimana? Apakah CV dan surat lamaran gue keterima dengan baik? Ataukah terjun ke tempat sampah karena terlalu hina? Tunggu cerita selanjutnya.

One thought on “Lamaran Pekerjaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s