*Penantian

Pria itu tertunduk lesu dengan menghadap secangkir kopi yang ia teguk setengahnya, ketika aku meninggalkannya.

Lima tahun kemudian.

Pria itu masih duduk disana, di sebuah meja cafe paling barat. Dengan wajah sumringah ia menyambut kedatanganku. “Apakah kau berubah pikiran?”, tanyanya tanpa basa-basi. Aku bahkan belum sempat duduk.

“Aku .. aku tak bisa”.
Wajahnya mengkerut, “Sudah terlalu lama aku menantimu. Apakah ini jawaban yang pantas aku terima?”.

“Maaf aku tak bisa”.
Aku meninggalkannya lagi. Ia tertunduk lesu dengan menghadap secangkir kopi yang belum diteguknya sama sekali.

Delapan tahun kemudian.

Seorang pelayan cafe mendatangi meja di sudut paling barat, “Maaf, Bapak mau pesan apa lagi?”.

Setengah berbisik pelayan di sebelahnya bertanya, “Kau berbicara dengan siapa? Tak ada siapa-siapa disana”.

Tinggalkan Balasan

