Dicari Dompet Hilang

Allah punya cara unik dan terbaik untuk membuat kaum-Nya sadar. Terutama gue.

Lu masih inget ga gimana kejamnya gue ngerjain dedek uthe pas ultah. Ga usah lama-lama, tiga bulan setelah ulang tahunnya, tepatnya sehari sebelum hari pertama puasa, gue udah dikasih hukum karma oleh Tuhan. Dompet gue ilang. Ilang bukan sembarang ilang. Tapi ilang beneran.

Pada waktu itu hari senin tanggal 9 agustus, bukan hari spesial tapi gue yakin hari ini bakal jadi hari yang melelahkan buat gue karena hari ini adalah jadwal KRS-an. Pasti bakalan sibuk modif mata kulia, sibuk nodong temen-temen yang baru pulang kampung yang jelas-jelas bawa oleh-oleh yang banyak.

Pagi hari gue sempet-sempetin nyetrika setumpuk baju gue yang kemaren baru dateng dari londri. Londrian yang sebenernya masih baru gue coba. Gue terpancing buat ikut-ikutan temen yang ngelondriin bajunya disana. Gimana ga kepengen, tuh londrian ambil-antar jadi gue ga perlu repot jalan kaki nganter tumpukan baju kotor kesana.

Tapi karena londriannya terlalu wangi, entah pake parfum kembang tujuh rupa ato wangi-wangian sesajen, bikin idung gue gatel ampe bersin-bersin. Jadi pagi itu gue pilek mendadak.

Di kantin, gue nini ama dedek lagi maem dan lagi ngegosipin feri yang enggak-enggak. Pas waktu bayar, gue nitipin duit ke nini. Itulah yang menjadi sumber segala masalah. Entah gue lupa ga masukin dompet ke tempat semula, entah dompetnya masuk tapi tasnya jebol, entah ada tuyul lagi lewat sambil nyopet dompet gue, .. gue sama sekali ga tau dan ga inget, tiba-tiba .. Cling! Dompet gue ilang.

Bodohnya, gue baru nyadar dompet gue ilang pas mo beli maem malem. Padahal kejadian di kantin itu tepat jam sepuluh pagi. Karena sepulang dari kampuz gue langsung tidur, ga mau bangun, ga mau dateng rapat, enggak mau mandi, eh ternyata udah sore, perut gue nyanyi keroncongan. Gue udah siap-siap keluar, udah bayangin lezatnya maem ayam goreng, enaknya minum jus duren, nasib sial … gue ga menemukan dompet gue. Udah gue cari di seluruh penjuru ruangan. Kolong kasur, tumpukan celana dalam, dalem galon aqua, atas genteng, ampe di kandangnya si gembul (kelinci bapak kos) .. tetep .. ga ada.

Gue terdiam beberapa saat di pojok kamar. Otak gue berputar dengan cepat, berpikir dimana keberadaan dompet gue itu. Perut gue terasa sakit seperti diremas-remas ,gue … gue … gue kebelet kentut.

Dut.

Seiring dengan suara kentut gue yang melebihi suara bom atom, gue pun bertekat buat nyariin tuh dompet di kampus dan bikin surat nikah, eh, surat kehilangan ke kantor polisi besok.

Pagi hari yang menyebalkan. Gue ga punya dompet, jelas sekarang gue ga punya uang. Gue udah dimarahin habis-habisan ama BonNyok karena dianggap teledor dan tidak bertanggung jawab. Duit duaratusribu ilang begitu aja. Gimana nasib KTM, SIM, dan foto gue? Hikz. Gue sering ngata-ngatain Fio yang ga punya SIM ampe hari ini, dan gue kena karma, gue jadi ga punya SIM juga. Apes.

Tapi se-apes-apesnya gue, gue masih merasa beruntung karena KTP gue ga ikut ilang. Karena sehari sebelum kejadian, gue lagi nyewa pilem india ke maz Miaw, dan KTPnya gue titipin disana. KTP dengan foto berefek nge-blur ga karuan. Rambut gue yang lurus jadi keliyatan brekele. Muka gue yang caem jadi keliyatan ga punya idung. Ya.. seenggaknya gue masih punya identitas diri kalo seandainya gue tibatiba pingsan, amnesia, dan nyasar di tengah jalan.

Pencarian pertama di kampus, tepatnya di kantin. Gue udah nanyain satu per satu orang-orang disana. Tapi ga ada yang tau keberadaan dompet itu. Orang-orang malah menjawab ‘maaf’ dan sesekali gue dikasih uang receh. Gue jadi heran, ada apa sih dengan orang-orang ini, gue kan cuma nanya, ‘mbak mas .. tau dompet item beridentitaskan nama saya didalamnya ga? Saya belum makan dari kemarin, belom bayar SPP, belom bayar kosan, belom creambath di salon’. Ternyata muka gue berpotensi untuk menghasilkan uang receh dalam jumlah banyak.

Ya sudahlah. Gue harus ngerelain dompet gue ilang. Meskipun gue ga rela foto gue ikut ilang. Hikz. Gue sekarang mau ngurusin KTM. Gileee .. ngurus KTM ternyata sama susahnya ama ngurus KTP. Ribeeet .. mutarmuter ngalor ngidul buat cari tandatangan orangorang sok penting. Biyuh. Capek gue. Gue saranin, KTM lu jangan sampe ilang deh. Berabe. Kudu bayar tigapuluhribu lagi. Pemerasan.

Yang paling ga gue senengin adalah ketika minta surat kehilangan. Kata petugas di RR gue kudu dapet surat kehilangan dulu, baru bisa ngurus KTM. Kata bapak polisi di kantor kepolisian Dinoyo gue kudu dapet surat dari kampus dulu, baru gue bisa ngurus surat kehilangan. UM-Dinoyo-UM-Dinoyo .. mbulet .. gue bolakbalik naek angkot buat ngurus tapi ampe jam satu siang dan ga selesaiselesai.

Sialnya gue juga ga bawa motor. Jadi berjuta-juta uang receh gue ikhlasin buat bayar tuh angkot yang udah baek hati nganterin gue ngalorngidul mencari kebenaran.

Gue pun coba ganti kantor kepolisian. Kali aja dengan bapak yang berbeda, gue jadi bisa ngedapetin surat kehilangan dengan cepat. Sipprilli. Ga sampe lima menit, gue udah dapet suratnya di Polres Malang. Cihui. Gue langsung sujud syukur dan ga ngeliat kalo ada tai kucing disana. Ouch.

Akhirnya dengan semangat 45 gue kembali ke kampus buat ngurus KTM. Tapi sampe di depan Polres, gue bingung, naek angkot kode apa ya? Daripada nyasar, gue pun terpaksa jalan kaki. Gue udah ngebayangin gimana bentuk kaki gue sekembalinya ke kosan, gede seperti kaki buto ijo.

Liburan seminggu awal bulan puasa, memberikan hidayah buat gue. Bahwa gue ga boleh usil lagi ama dedek, karena Tuhan pasti akan memberikan hukum karma buat gue. Bahwa gue harus ikhlasin dompet gue yang ilang, karena gue masih bisa foto lagi entar di taruh di dompet yang baru. Bahwa gue harus lebih bertanggung jawab, menjaga duit pemberian BoNyok, yang mereka dapatkan dari hasil keringat mereka. Bahwa gue harus ngejaga KTM gue, karena kalo sampe ilang lagi .. gue emoh ngurusin lagi. Capeeek.

Dan karena gue yang udah berubah jadi baek, lebih ikhlas (pret), Tuhan ngasih jalan keluar buat gue. Gue dikasih surprise. Pagi-pagi ketika berangkat kulia, gue di-sms ama Umi, Tria, dan beberapa orang lainnya yang mengatakan bahwa dompet gue telah ditemuin. Gue liat papan pengumuman, disana terdapat tulisan ‘Telah ditemukan dompet atas nama … Silahkan menghubungi kantor PABTI’, tertulis disana nama gue dengan font size 72pt. Gue jadi mendadak terkenal gara-gara dompet ilang. Wkwkwk.

Sampe sekarang gue ga tau siapa pria yang menemukan dompet gue, yang emang ketinggalan di kantin. Yang jelas, bapak PABTI bilang kalo ada mahasiswa sana yang nemuin tuh dompet. Sebenernya sih gue mau dikenalin ama yang nemuin dompet gue, tapi gue nolak tawaran bapaknya. Hhaahh .. aldi bodoh. Kalo kenalan gitu kan enak, sapa tau dapet cowok baru.

Endingnya dompet gue balik. Lengkap. KTM (jadi mules kalo liat KTM itu yang ternyata udah ditemukan, sekarang gue jadi punya dua KTM), SIM, foto, surat hutangpiutang, ga ada yang kurang. Cuman yang gue curigain, kenapa duitnya ga nambah ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s