Radang Mata

Gue nyadar kalo gue emang ga cantik. Tapi gue yakin kalo gue itu keren (mengharap mode on). Meskipun gue ga punya mata indah berkaca-kaca, tapi kalo lu ngeliat gue pasti tatapan pertama jatuh tepat di mata. Bukan karena gue pake kacamata item keren dan lu kepingin ngambil tuh kacamata, tapi karena gue punya tai lalat gede segede tainya lalat nemplok di bawah mata sebelah kiri. Dari seluruh bagian wajah, tai lalat itu yang jadi pusat perhatian.

Menurut buku primbon yang gue beli dari tukang loak panci keliling komplek, katanya tuh tai lalat punya arti tersendiri.

Kalo di bibir, kata buku primbon, orangnya cerewet. Kalo di … . kalo di bawah mata sebelah kanan, orangnya baik hati. Nah kalo gue, di bawah mata sebelah kiri, kata tuh buku, orangnya pelit. Ouch. Pantes aja gue sangat perhitungan gitu kalo ada temen yang minjem barang gue.

Temen = Di. Pinjem penghapus donk.
Gue ngeliat penghapus di kotak pensil gue. Ga tega tuh penghapus mahal jadi gampang abis. Gue liat temen sebelah gue make karet yang buat iketan rujak dijadiin iketan rambut. Akhirnya gue ambil tuh karet dengan paksa sampe rambutnya berhamburan.
Gue = Nih. Pake karet aja ngehapusnya.
Temen gue ngeliat gue dengan tatapan yang seakan berkata pelit-banget-sih-lu. Lu-pikir-ini-jaman-purba-,-ngehapus-pake-karet-rujak. Juga diiringi tangisan kesakitan temen yang baru gue jambak tadi.

Tapi sepertinya cuma tai lalat itu yang enak diliyat dari muka gue yang ancur. Meskipun terbuat dari tainya si lalat tapi gue amat bersyukur karena tuh lalat bokernya di bawah mata sebelah kiri, bukannya di idung. Kalo bokernya di idung, bisa-bisa idung gue bakalan tambang mancung nyaingin pinokio. Dan gue ga ngebayangin gimana bau tai yang sepanjang hari nemplok di idung gue.

Aura ke-keren-nan gue yang terpancarkan lewat mata dan tai lalat seketika menghilang ketika gue dinyatakan menderita radang mata oleh ibu bidan. Bahasa wong ndeso-nya radang mata = belek’en.

Tiap hari mata gue ngeluarin belek (kotoran). Bukan hanya itu, mata juga ikut perih dan ga kuat ngeliat apapun lama-lama. Gue pikir sakit mata gue ini karena gue keseringan ngecengin cowok-cowok. Makanya jangan sering ngecengin cowok, biar ga belek’an kayak gue.

Daripada dituduh nyebarin virus berbahaya dengan sengaja maupun tidak disengaja, gue bela-belain beli kacamata baru buat nutupin mata gue yang bengkak.

Sakit mata gini ga enak. ga bisa dimakan. Semua yang indah-indah kalo gue pandang jadinya ga berasa indah. Acaranya Choky Sitohang dalam Take Me Out Indonesia berubah dipandu ama Tukul Arwana. Gue jadi males nonton tipi.

Ngikutin kuliah matematika yang penuh dengan hitungan, tulisan di papan berubah jadi huruf kanji dan huruf tepung terigu.

Apesnya, dikala gue sakit mata kayak gini, giliran gue ditunjuk dosen suruh ngejawab pertanyaan di papan.

Dosen = Apa jawabannya?
Gue bingung ngeliat papan tulis dipenuhi huruf-huruf kanji tak berbentuk. Tapi gue masih bisa ngeliat idung Pak Rus yang kayak idungnya Squidworld kembang kempis ngeliat ke arah gue (idung kok bisa ngeliat?).

Dosen = Nyelesein persamaan fungsi kayak gitu aja ga bisa. Mbalek nang SD maneh age!
Gue masih melototin papan tulis. Diiringi cekikikan temen-temen sekelas. Saat itu juga gue berasa jadi Patrick yang terjebak di kelas mengemudinya Spongebob dengan Squidworld sebagai gurunya.

Temen = Jawab aja ‘bukan’. Karena kalo di substitusi ke persamaan, ruas kiri ga sama ama ruas kanan.
Akhirnya gue nurutin kata-kata temen gue. Manjur. Gue terbebas dari hukuman ngepel genteng.

Setelah tiga minggu lamanya menderita sakit mata, akhirnya sembuh juga. Tapi gue masih penasaran ama pertanyaan yang diajuin Pak Rus ke gue. Setelah tanya temen, tenyata pertanyaannnya adalah

x+2=0. Apakah x=2?

Aldi bodo. Anak SD juga pada tau jawabannya.

Tinggalkan Balasan

