Psikotes Logika Matematika Episode 4-5 dan 5-5 [Selesai]

oleh Aldila Sakinah Putri

Ini ngapain dimunculin gambarnye one direction ea?

Sebagai syukuran aja pembahasan tentang psikotes logika matematika udah selesai, ditamattamatin hari ini juga. Alhamdulillah akhirnya. Jadi ga perlu muntah lagi ngeliat angkaangka sebegitu banyak. Mending liat yang gantengganteng, kayak bang Zayn Malik *cupcupmuah

Episode terakhir ini, langsung gue kasih pembahasan sepuluh nomer. Jawabannya gue gedegedein biar doain badan gue juga ikut gede. Amiin. Betewei. Pe’er yang kemarin udah dikerjain belom ya ..

Gue aslinya ga enak ati ngeposngepos halhal abstrak kayak matematika gini, cuman mau gimana lagi, bawaan orok .. mata duitan. Maap ya pembaca sekalian. Dinikmatin aja deh meskipun ga suka. Lebih baik lagi kalo dipelajari dan dipahami. Siapa tau soal ini keluar untuk ujian akhir nasional tingkat paud dan teka. Cekidot guys.

Logika Matematika. Episode 4-5 dan 5-5.

Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.

Skor. Jawaban benar.

  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik

Petunjuk.

Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.

  • 16. Seseorang ingin memasang iklan sebanyak 5 baris untuk menjual sepeda motornya. Untuk hari pertama, biaya yang harus dikeluarkan Rp 400/baris. Untuk 5 hari berikutnya, biayanya adalah Rp 200 per baris per hari. Untuk hari ketujuh dan seterusnya, biayanya adalah Rp 100 per baris setiap harinya. Jika ia membayar Rp 12.000, berapa lama iklan itu dipasang?
  • 17. Untuk memasang 4 buah ketel, dibutuhkan persediaan batu bara selama 5 minggu. Berapa lama persediaan batu bara yang dibutuhkan untuk memanaskan 20 buah ketel?
  • 18. Seorang pedagang membeli beberapa ekor anak unta dengan harga Rp 600.000. Kemudian, ia menjualnya seharga Rp 810.000 dan mendapatkan keuntungan Rp 30.000 per ekor unta. Berapa ekor anak unta yang dibeli atau dijual?
  • 19. Jika untuk menggali sebuah sumur selama 8 hari dibutuhkan 5 orang penggali, berapa orang penggali yang diperlukan untuk menggali sumur dalam waktu 4 hari?
  • 20. Seorang pembuat jalan harus memasang tegel yang panjangnya 5 dm dan lebarnya 50 cm. Ia membutuhkan 400 buah tegel. Berapa meter persegi luas jalan tersebut?
  • 21. Sebuah perusahaan merencanakan membuat kursi dan meja. Jumlah kedua macam barang tersebut adalah 30 buah dan jumlah menja adalah 4 kali lebih banyak dari jumlah kursi. Berapakah jumlah meja yang akan dibuat?
  • 22. Di dalam sebuah kandang terdapat 60 ekor angsa, yang terdiri dari 33 ekor angsa jantan. Dari jumlah pejantan tersebut, terdapat 21 ekor angsa dnegan bulu berwarna hitam. Jika jumlah semua angsa berbulu hitam adalah 40 ekor, berapakah jumlah angsa betina yang tidak hitam?
  • 23. Seorang pedagang menjual sebuah barang dengan harga Rp 84.000, ternyata ia mendapatkan keuntungan 20% dari harga beli. Berapakah harga pembelian barang tersebut?
  • 24. Sebuah perusahaan permen mempunyai tiga buah gudang di setiap kota. Setiap gudang menyimpan 100 dus permen. Satu dus terdiri dari 15 bungkus besar. Satu bungkus besar berisi 12 bungkus kecil. Harga satu bungkus kecil permen adalah Rp 7.500. Dari setiap gudang, perusahaan menyisihkan 25% dari hasil penjualan permen untuk membayar gaji karyawan, 20% untuk modal dan bahan baku, dan 10% untuk biaya operasional gudang. Berapakah keuntungan bersih (netto) perusahaan permen tersebut?
  • 25. Seorang karyawan bekerja 9 jam sehari. Dalam satu minggu ia bekerja 5 hari dengan bayaran Rp 25.000 per jam kerja dan Rp 50.000 per jam lembur. Dalam sebulan bekerja ia menerima gaji sebesar Rp 5.350.000. Berapakah jumlah jam lemburnya dalam sebulan?

Huft. Capek juga bacanya. Langsung aja deh ..

Jawabanya adalah, (klik biar jelas)

Selesai.

Tamat.

The End.

Apa?

Masih mau lagi?

About these ads

49 Komentar to “Psikotes Logika Matematika Episode 4-5 dan 5-5 [Selesai]”

  1. itu gambar lucu lucu amat yahhhh :D

  2. Hay sobat!. Posting sebelumnya cuma ada satu soal, dan itu nomor 16 saja. Apa saya benar?

    Saya baru tau sekarang, kamu ngadakan yang seperti ini. Saya suka!.

    • Iya bang. Sebetulnya sih ada lima episode dan tiap episode ada satu pe’er. Tapi sudah saya rapatkan jadi empat episode saja. Terimakasih atas sarannya bang, akan saya usahakan tambahan soal yang lain ^^b Suka matematika ya? *heran deh, hehehe*

  3. wah membantu sekali nih sya dah ngikutin semua episodnya,,,mana lagi donk :D

  4. OMG,

    Iseng2 nyari soal2 tentang psikotes, beranjak ke soal matematika. Baca tiap penjelasan dan penjabaran soal psikotes matematikanya asyik. Tapi sebelumnya agak curiga, inisial nama blogspot disertai dengan gambar2 kartun khas di setiap kunci jawab soal matematika membuat banyak tanda tanya. Koq kayaknya aq pernah kenal dan tidak asing dengan gambar kartun khas tersebut, ditambah nama yang familiar lagi. Ternyata…….. kawan lama di bangku SMA. He3x…….

    Blognya bagus dan oke. (^_^)b

  5. makasih mbak,,sangat membantu sekali!!!:*

  6. makasih banyak kak…soalnya sangaaattt membantu !!!

  7. makasih soalna saya pake buat psikotes iq team leader dkantor saya banyak yang ngitung y payah… interview dtmpt sya hehehe

    • Samasama :)
      Boleh tuh saya ikutan interview disana? :D

      • mau tanya nee itu soal no 21 dapat 5 kursi dari mana sedangkan di soal tidak disebutkan angka 5 malah 30 dan 4. tolong dirincihin lagi

      • kan meja = 4 kursi. kalo 1 kursi ditambah 4 kursi kan berarti 5 kursi toh?
        itu saya tulis pengerjaan versi cepet, jadi tanda samadengannya berbenturan. ya sebisa pembaca aja nangkepnya kayak gimana. biar tulisannya ga kepanjangan. psikotes kan butuh waktu secepat kilat.

      • mungkin rincianny gini bung stevan

        kursi = k
        meja = m

        k+m = 30
        m= 4k (karena meja lebih banyak 4x dari kursi)

        k+m=30
        k+4k=30
        5k=30
        k= 30/5
        k= 6

        kursi kan dah ketemu tuh 6 unit, berarti untuk cari meja tinggal mengalikan saja
        = 6 X 4 (dikalikan 4 karena jumlah meja 4 kali lebih banyak dari kursi)
        = 24 unit meja

        atau cara lainnya adalah

        k+m=30
        6+m=30
        m=30-6
        m=24

        kursi 6 unit + meja 24 unit = 30 unit
        selesai deh

  8. bener2 bermanfaat…thaaaaaanks bgt postingannya…jd bs refresh plajaran lama…and ini bermanfaat bgt utk ref test saya…doa kan ya…mga smua berjalan lancar…

  9. gwa lg nyari2 soal psikotes buat skripsi gwa tentang psikotes berbasis web…
    pas lg jalan2 (browsing) eh ktemu halam ini… gak membantu sih tp cara penyampaiannya asik… agak ngurangi beban di bagian otak kecil… thanks… :)

    #ampir mate mentok di bab2#

  10. mba aldilalala.. selain lucu, anda pintarrr.. makasih sherenya :)

  11. mtk bs di unyu-in kaya gini ^^

  12. Thanks a lot yaaa…..

  13. lagi nyari psikotes mtk buat lomba besok, yg didapat ini. blog yg tepat sasaran. untung gak salah milih web.
    kataa yg tepat buat nih psikotes mtk:
    k-e-r-e-n
    tapi lumayan buat kepala terasa mau pecah xD

    *puyeng @.@

  14. sory, jawaban yg ini mana ya?? gw ngikutin dari episode 1 loh,hahaa..,

  15. sis, ijin copas ya ?
    oh ya sis, episode 3nya mana ya ?
    aku nyari-nyari tp blm ketemu

  16. makasih buat soal dan pembahasannya sanggat membantu :)

  17. makasihh, tapi masih sdikit pusing sih klok nggak d jelasin langsung :D

  18. Qyuuut…. ^_^ … Terima kasih de… sudah bantu kaka dpetin solusi soal psikotest matematika… Goodluck for u… Sering sringlah share sperti ini yah de…. nnti kaka bantu publikasiin WordPress nya… ^_^

  19. soal no 1 ada kata2 yang kurang lengkap sehingga membingungkan

  20. makasi kakaaa ,, tinggal dipelajari inih , kalo bingung siap2 yaa haha pasti tanyaa ini mah

  21. Wah …. Bermanfaat Sekali ..
    Terimakasih

  22. Terima Kasih Bnyak,

  23. Thanks bro.. nuat ngetest karyawan lumayan ngasah ingatan…

  24. great,,,I LOV U hihihihihh

  25. Autis nih aldilalaland hahaha
    Terimakasih banyak ya udah ngerti sekarang, tulis2 tentang psi lagi dong! Yang lain, apa kek gitu, atau matematika lagi yang sejenis kayak gini hahahaha

  26. wah thanks banget nih mbak, bagus banget,, saya tar siang mau Psikotest jga nih, do’ain biar llus jga nih yaa.. salam knal smua nya.. :D

  27. ane lupa kalo ini pelajaran SD kelas berape yee ? :v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: