Psikotes Logika Matematika Episode 1-5

oleh aldilalala

Jawaban psikotes khusus soal matematika, akan gue jabarkan dalam bagian ini. Sumpah! Capek banget nulis soalnya apalagi nulis jawabannya. Demi keselamatan kita bersama, untuk menghindari banyaknya muntahan yang tercipta garagara baca blog gue. Gue akan membagi duapuluhlima soal (yang sesungguhnya) ke dalam lima bagian. Jadi tiap posting gue akan nampilin lima soal saja. Hehehe. Beres kan. Gue ga perlu repotrepot ngepel muntahan lu yang berserakan dimanamana.

Oke. Sebelumnya udah baca Psikotes dan Psikotes Deret Angka? Karena psikotes yang satu ini membutuhkan tenaga yang lebih untuk menguras otak. Dianjurkan sarapan terlebih dahulu serta mandi dan masuk wc. Sangat dipastikan karena setelah mengerjakan soalsoal ini badan lu akan terasa lamah-letih-lesu-lunglai-LETOY kebanyakan liat angka yang diperumpamain, dengan keringat yang membanjir bandang membuat ketek lu tenggelam dalam kenistaan, perut otomatis penuh karena semua aliran darah-udara-air tertahan disana. Jadi persiapkan diri lu secara matang. Cekidot guys.

Logika Matematika. Episode 1 dari 5 Episode.

Tes ini digunakan untuk mengungkap kemampuan intelektual seseorang, terutama kemampuan penalaran berhitung dan berpikir secara logis.

Skor. Jawaban benar.

  • 1-7 : kurang
  • 8-14 : cukup
  • 15-20: baik
  • 21-25: sangat baik

Petunjuk.

Soalsoal dibawah ini terdiri dari pernyataanpernyataan yang membuatuhkan penalaran dan kemampuan berhitung. Bacalah soal secara saksama kemudian pilihlah jawaban yang paling tepat.

  1. Ali adalah kakak Hasan, 4 tahun lebih tua. Sinta adalah kakak Ali dan berbeda 3 tahun. Berapakah usia Sinta, jika saat ini Hasan baru saja merayakan ulangtahun yang ke-21?
  2. Sebuah pesawat terbang dapat menempuh jarah 10 km dalam tempo 40 detik. Manakah yang bukan kecepatan pesawat terbang tersebut? 450 km/jam, 15 km/menit, ¼ km/detik, 900 km/jam, 250 m/detik.
  3. Dari bilangan di bawah ini, yang dapat habis dibagi 4 adalah … 94, 38, 26, 102, 74, 30, 54, 42, dan 356.
  4. Perhatikan sedert bilangan berikut. 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, dan 14. Dari bilangan di atas, yang tidak dapat dibagi 4 adalah, kecuali …
  5. Seorang pedagang menjual jambu dengan harga Rp 15.000/kg. Di dalam tokonya terdapat 6 dus dan di setiap dus berisi 5 kg jambu. Dua bekas tempat jambu itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut?

Sudah?

Tarik nafas. Hembuskan. Tarik nafas dari idung. Keluarkan lewat pantat.

Jawabannya adalah, (klik gambarnya biar jelas)

 

Terlalu mudah ya ;) Ini baru permulaan. HAHAHAHA *ketawa setan* Gue kasih pe’er nih,

6. Pak Andri mempunyai uang Rp 2.700.000 dan berniat untuk membeli TV. Harga TV tersebut sebelum didiskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Andri juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Andri saat ini?

Akan gue bahas di episode selanjutnya. Selamat berlatih, selamat puyeng bersama. Salam matematikus ^^b *IT’S MAGIC!

About these ads

68 Responses to “Psikotes Logika Matematika Episode 1-5”

  1. hmmmmmm 2700000 – 230000 = 2470000
    35% * 2400000 = 1560000
    —————- ( – )
    910000

    hahahahaha susah ya mbak (>______<")

  2. Pak Andri sisa uangnya ntek. Kan beli TV, trus bayar taksi, ngopi, tips :-)

  3. Thanks a lot ya!
    Sangat berguna nih buat yang mathnya down kaya gw hehe

  4. soal no 5,,,
    soal nya kan 2 bekas tempat jambu itu masih bisa di jual kok 6 dus yang dijual hitungnya aneh

  5. Iya yg no 5 aneh … Kn sisahny 2 knp jd 6 x 2000, v bukan 2000×2

  6. cuma jawab yang nomor1. sisanya saya nangis dibawah shower aja deh.. T.T gak akrab sama angka.

  7. 910000

  8. SOALNYA lumyan ehmm….tar yg susah dikit y

  9. nih bos kalau mau psikotes….

    martin ingin sekali punya mobil. akhirnya dia memutuskan meminjam uang senilai 50jt dari donal dan 50jt dari arya. total uang yang di pinjam adalah 100jt. akhirnya martin membeli mobil seharga 97jt. maka jumlah sisa uang tersebut 3jt. akhirnya si martin memutuskan mengembalikan uang 1jt kepada donal dan 1 jt lagi kepada arya untuk mengurangi beban hutangnya. dan 1 juta lagi di pakai martin untuk keperluan pribadi….

    pertanyaannya 50jt – 1jt = 49jt hutang ke donal dan 49jt hutang ke arya….

    49+49= 98 + 1jt dana saya pakai pribadi= 99jt
    kemana 1 jt lagi??

  10. susah bneeer.. heueu

  11. jawaban no 5 sepertinya kurang tepat yang dimaksd soalnya hanya 2 dari tempat buah masih dapat dijual. Artimya cuma dua dus saja yang masih dapat dijual. sehingga =(2 x 2000)+(30 x 15,000) = 454,000

  12. sisanya gg ada, kan di pake si martin sndiri, jdi dia ngutang k tmn2ny masing2 49juta..

    soalnya mngecohkan,, huhuhuuu
    soal yg lainnya dooonk

  13. itu mungkin maksud sipenulis “Dua (Dus) bukan (dua) bekas tempat jambu itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus.”
    so salah tulis aja & jebakan kali ya,…hehehe

  14. calon profesor semuanya…thanks infonya…mantap…

  15. waduh jadi inget masa sekolah dulu…
    seandainya gw dulu kagak suka bolos pasti bisa gw jawab smua ni soal…
    ampuuun dijey..

  16. harga tv : 2.400.000 x 35 % = 840.000
    2.700.000 – 840.000 – 230.000 = sisa uang Rp.1.630.000

  17. Mbak, kok sisa dus jambu 6×2000? Kan sisanya yg d jual cuma dua dus. Harusnya 4000 dong (2×2000)

  18. 2400000-35%=1560000
    2700000-1560000-230000= 910000

  19. .saya punya prtnyaan mohon d jawab.
    Di dlm ember ada air 1/3,stlah di tmbah 3 liter ember berisi air itu mnjadi 1/2,prtnyaan a berapakah liter air supaya ember itu penuh

    • Coba dijawab nih ya..
      Anggaplah “ember” itu “a” (Soalnya kalo x mirip sama perkalian XD )
      Jadi hitungannya => 1/3a + 3liter = 1/2a.
      3 liter = 1/2a-1/3a (masih inget kan soal hitungan distributif?)
      lalu pecahan 1/2 dan 1/3 disamakan menjadi 1/6. Jadi 1/2 = 3/6 . Dam 1/3 = 2/6
      Jadi 3 liter = 3/6a – 2/6a
      3 liter = 1/6a bisa dibilang 1/6 dari ember itu adalah 3liter.
      Jadiiiiiii, 1 ember = 6×3 = 18 Liter.

  20. Sanat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang ingin cari kerja. Terima kasih telah berbagi didunia maya..

  21. kakkkkaaaak /mewek unyu/ nomer 2 aku ora ngerti2/? piye iki ;(((

  22. Gwakakak.. seru neh, sempet orat oret penasaran sama yang nomer satu, Alhamdulillah bener jawabannya.. Begitu nyoba nomer dua, langsung muntah !!.. Gyaha.. Nyerah dahh.. hihi..

  23. gk snegaja search psikotest eeh aldial yg nulis heheheh

  24. mohon penjelasan soal
    berapa jumlah bilangan kelipatan 3 antara 400 sampai 500.

  25. kapal itw gk akn tenggelam gan,,air naik gak ngaruh juga kali,,namanya jg kapal..
    wkwkwwkw

  26. Untuk membantu meluruskan soal no.5 adl terjadi kesalahan pengetikan. Mnrt saya yg ketikan yang benar adalah “dus bekas jambu tersebut masih dapat dijual kembali…” karena itu dikalikan 6×2000. Semoga membantu.

  27. smpai kiamat kapal gak akan tenggelam…wkwkwkwk yg ada dermaganya yang tenggelam.

  28. WOW SOAL CERITA NYA MENAR9K DEH SAYA SUKA,SAYA SUKA

  29. ADALAGI ENGGA SOAL CERITANYA
    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH

  30. CANTIKA MEMPUNYAI 18 BUNGA MAWAR, 24 ANGGREK DAN 36 MELATI. BUNGa TERSEBUT AKAN DI TARUH DALAM VAS DENGAN JUMLAH SAMA BANYAK. BERAPA BANYAK VAS BUNGA YANG DI PERLUKAN ?
    BALAS YA AQU LG BUTUH JAWABAN

  31. BURUAN CEPETAN
    AQU MOHON

  32. AQU SEDIH GX ADA YG MENJAWAB

  33. 3 vas bisa , 6 vas juga bisa

  34. no 1 smp 4 + 6 bisa, keliru di no 5
    tp pertanyaanya di atas ditulis DUA BEKAS TEMPAT JAMBU masi bs di jual 2000
    kalo logika saya yg namanya DUA BEKAS TEMPAT JAMBU itu ya 2 kardus(bekas tempat)
    jadi 6 : 2 = 3 ….. 3 x 2000 = 6000
    trs di + harga jambu 450000 jadi total 456000

    itu menurut saya lho mba
    maaf kalo logika saya salah

  35. yang nomer 6 hasilnya 990.000

Trackbacks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: