Psikotes Wartegg

oleh Aldila Sakinah Putri

Wartegg. Yang dimaksud disini bukan WARung TEGGal. Tapi semacam psikotes yang digunakan untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek. Kemarin gue ikutan psikotes kerja. Okeh gue emang kuat di bagian angka, tapi kurang pada bagian gambar. Gue tau tentang tes wartegg ya sepulang dari tes. Jawaban gue ancur jez. Parah banget dah.

Sebenernya wartegg ini bisa dipelajari, itu untuk yang belajar sebelumnya, lah gue? Ah aldilalala bodo banget dah. Malem sebelumnya, gue malah sibuk nonton drama korea ketimbang belajar.

Dalam Wartegg Test, lu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut.

psikotes wartegg

Dari delapan gambar tersebut, gue gambar (sesuai dengan urutan) berikut:

  1. Kotak 3: gambar grafik naik + tulisan UP dan arah panah
  2. Kotak 8 : gambar payung + gerimis mengundang
  3. Kotak 6 : gambar mobil dengan lampu menyala padahal masih siang
  4. Kotak 1 : gambar anak kecil + bunga matahari raksasa (M) (+)
  5. Kotak 5 : gambar orang dan baju
  6. Kotak 2 : gambar pesawat terbang (S)
  7. Kotak 4 : tiga apartemen dengan banyak jendela (-)
  8. Kotak 7 : gambar kelinci kecil + rumput aneh

(M) : gambar yang paling mudah digambar, soalnya gue terlalu sering gambar chibi kartun gue. (S) : gambar yang paling susah dibuat, sumprit, gue gambar pesawatnya ga pake ekor, sayapnya cuma satu, pantes aja nubruk gunung salak :-S. (+) : gambar yang paling disukai, jelas gue suka gambar diri sendiri :D. (-) : gambar yang paling ga disukai, karena apartemennya jelek, gue ga suka.

Mana ga boleh pake penghapus lagi. Jadi setiap kali gambar, yaaa .. ribet deh. Rempong sendiri. Dan ketika gue liat diinternet, tentang kunci jawaban wartegg ini, gue kaget setengah idup.

Kunci jawaban:

kunci jawaban wartegg

  • gbr 1. berupa titik ditengah kotak: ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan
  • gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri: menunjukkan fleksibilitas perasaan.
  • gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ambisi
  • gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan: mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan
  • gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak.
  • gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa
  • gbr 7. berupa titik2 melengkung: menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan)
  • gbr 8. berupa lengkungan: mengenai kehidupan sosial/hubungan sosial

Berikut Rahasianya:

kunci jawaban wartegg

Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini:

Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII).

Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian kamu…

Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal: jika saat mengambar kamu terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa kamu adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika kamu gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti kamu termasuk orang yang keras kepala…

Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Kalo kamu gambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika kamu menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

HUUUUAAAAAAA ..

Jawaban gue T-T

Dari artikel itu, meskipun gue bukan orang psikologi, tapi gue dapat ngeliat diri gue sendiri bahwa gue ..

  • perasaan tidak fleksibel
  • sulit untuk mengatasi kesulitan
  • cara bertindak aneh

dan yang jelas .. KEPRIBADIAN GUE PATUT DIPERTANYAKAN :O

About these ads

50 Responses to “Psikotes Wartegg”

  1. PUNYAKU amburadul ,.. T.T

  2. haisy. Pantesan kemaren gua gag lulus psikotes. lhawong??????

  3. aduh ajarin saya dong yg bisa hha

  4. ancur deh…amburadul…beratntakan…

  5. salam kenal.. nice blog..
    wah baru tau tentang tes warteg ini. wah sampe ada kunci jawabannya juga ya, padahal selama ini saya beranggapan yang namanya tes psikologi itu semua jawaban benar hanya saja jawaban itu memang merefleksikan seperti apa diri kita.. jadi musti ati2 juga ya ternyata buat ngisi ter psikologi.. hehee,, maklum blm pernah ngelamar kerja.. makasih infonya.. mampir ke blog saya ya.. ^^

    • Nah itu dia kelemahannya psikotes. Karena bisa dilatih, maka kepribadian aslinya jadi ga keliatan. Baru keliatan kalo udah interview.
      Langsung meluncur kesana, mbak ;)

  6. yup.. betul thu.. jadi bisa dimanipulasi ya karakternya, hehe

  7. hi’..aldilalala…
    terimaksih banyak buat info blog’y tentnag tes warteg’y yua..”..
    aduuuh baru tau tadi.. saya kalo itu nama’y tes warteg”!!!!!…
    soalnya dr kemaren tes gambar kaya gitu ga’ ada nama tertulis dari tes gambar itu sndiri…”
    pas tadi saya tes psikotes dgn gambar yg sama seperti itu barulah saya tau nama tes itu”.. soalnya tertera nama tes’y di atas kertas…”TES WARTEGG PSIKOTES”..
    nah pas selesai tes saya baru kpikiran klo itu tes nama’y wartegg” yaelah kaya nama “warung tegal”…
    dgn rasa penasaran amat terlalu lama sebenrnya itu harus gambar apah yg muncul”!!!!… browsing dah saya ke mbah google eeeeeehhhhh…nemu blog aldilalala”…
    waah jd pesimis tadi ga kan lolos tes’y,,,…!!!!
    thanks banget yua”.. blog nya bermanfaat bgt nie..^_^

  8. Trimakash y info’y sngat bermanfaat. Bru tau kalau ada tes yg nama’y aneh”

  9. sempet bingung juga pas sebulan yll ngerjain psikotes yang bentuknya seperti ini. Bingung karna gag tau maksud dari psikotes ini untuk menilai dari segi apa..
    sangat bermanfaat tulisannya, thanks aldilalala :)

  10. Thanx’z yha Dil atas info’a, br’manfaat banget buat ua.

    pntesan minggu lalu ua tes kox gni amat, pertanyaan’a membingungkan. apalgi ua bru taux adha tes nma’a wartegg.

    asli jwaban ua kmren ancur bgt. smpex2 rasa’a kepala nih ,mau pecah.

  11. Thank you ya infonya. Bermanfaat banget. Itu jawabannya bisa untuk semua bidang tes ya?
    Misalnya kalau mau test masuk kedokteran.
    jawaban yg pertama ma kedua sama2 benar ya?

  12. yehhh nniar juga pernah gambar2 yang kotak2 ada 8 terus yaa, seadanya di gambar :D

    makasih yaa aldilla buat belajar :D

  13. Nice picture.;-)
    Sangat bermanfaat.!!:-)

  14. Sebetulnya, tidak sesimple itu sih sih interpretasinya… tapi ya bolehlah untuk yg awam ttg psikotes.

  15. Ini hampir sama ama waktu saya ke pak psikolog+sinshe. Disuruh nerusin gambar-gambar ini trus dianalisa. Keyen. :)

  16. Magnificent goods from you, man. I’ve remember your stuff previous to and you’re just extremely excellent.
    I actually like what you have acquired right here, certainly
    like what you are stating and the best way during which you assert it.
    You make it enjoyable and you continue to take care of to stay it wise.

    I can’t wait to read far more from you. That is really a wonderful web site.

  17. keren nih bro :D
    kemarin gw juga gambar bginian , tapi amburadull..dan akhirnya gk ketrima deh :’(
    gambar 1 gw gambar mata
    2 gw gambar air dan jembatan
    3 jembatan layang
    4 gedung
    5 celurit
    6 keyboard
    7 bunga
    8 payung
    dan hasilnya gk di terima :D wkwkwk
    tapi setelah gw membaca postingan ini , gw jadi mengerti . dan gw ingin mencoba di lain waktu
    semoga gw bisa di terima kerja . doain ya :D

  18. If some one wants to be updated with most recent technologies
    then he must be visit this web page and be up to date daily.

  19. Setelah saya tahu kunci jawabannya lalu melatih diri menggambar sesuai petunjuknya, apakah itu berarti sifat dan perilaku saya ikut berubah? wkwkwkwkwk, NB: di negara maju seperti AS, Eropa di mana saya pernah bekerja, tes beginian sudah tidak digunakan lagi.

  20. Jika kita sudah tahu kunci jawabannya dan tahu cara menggambar dengan “baik dan benar” sesuai harapan employer, bukankah itu berarti kita membohongi diri sendiri dan employer nya juga?

  21. jadi intinya jangan ada kontroversi hati yang bisa membuat kudeta kpd para employer agar kita menjadi confident di dalam labil ekonomi sekarang ini…. bruakakakakakakakakakak…but nice share :D

  22. Sangat lengkap, terima kasih banyak atas ilmunya…

  23. wahh barusan ane test Warteggg.. setelah liat ini kyknya yg tadi ane gambar ancuuurrrrr huhuhhuhuuuu… thx infonyaa..

  24. Psikotes model begini, boleh gag ya sambil makan combro :D biar ngurangin stress :lol:

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: